STRATEGI MENANGANI KESULITAN MENULIS (DISGRAFIA) MELALUI PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DI SEKOLAH

Novita Sari, Ade Kusmana, Eko Kuntarto

Abstract


Disgrafia adalah anak-anak yang mengalami kesulitan dalam menulis dan kesulitan dalam hal menuangkan ide-idenya ke dalam bentuk tertulis. Faktor-Faktor penyebabnya adalah kelainan neurologis yang menghambat kemampuan menulis secara fisik, sehingga anak mengalami kesulitan untuk memegang pensil dengan baik. Oleh karena itu guru perlu memahami gejala, ciri-ciri, dan jenis disgrafia. Serta menemukan strategi yang tepat untuk menangani anak disgrafia dalam hal keterampilan menulis. Guru harus menggunakan strategi yang disesuaikan dengan kondisi anak, karena tidak semua strategi pembelajaran cocok untuk digunakan dalam proses belajar mengajar. Tujuan penulisan artikel ini adalah menggambarkan strategi menangani kesulitan menulis (disgrafia) melalui pembelajaran partisipatif di Sekolah. Adapun strategi yang bisa digunkan oleh guru diantaranya strategi kegiatan pra menulis, menjiplak huruf, menulis huruf balok, dan menulis huruf bersambung.

Kata Kunci: Disgrafia, belajar menulis, strategi pembelajaran.

 


Full Text:

PDF

References


Aziz, R.U. 2016. Jangan biarkan anak kita berkesulitan belajar. Solo: Tiga serangkai.

Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Gunadi, T. 2011. Merekapun Bisa Sukses. Jakarta: Penebar Swadaya Group.

Kuntarto, E. 2017. Memahami Konsepsi Psikolinguistik. Jambi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi.

Lisinus, R. & Pastiria, S. 2020. Sebuah Perspektif dan Konseling Pembinaan Anak Berkebutuhan Khusus. Yayasan Kita Menulis.

Moleong, L. J. 2014. Metodologi Penulisan Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad. & Jamila K.A. 2007. Special Educational For Special Children: Panduan Pendidikan Khusus dengan Ketunaan dan Leraning Disabilities. Jakarta: Hikmah.

Tarigan, H. G. 2013.Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Timotius, K.H. 2018. Otak dan Perilaku. Yogyakarta: Andi Ofset.

Widyastuti, A. 2019. 77 Permasalahan Anak dan Cara Mengatasinya. Jakarta: Penerbit PT Elex Media.

Yusuf, M. dkk. 2003. Pendidikan Bagi Anak Dengan Problema Belajar. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.




DOI: http://dx.doi.org/10.19105/ghancaran.v2i1.3265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

Editor Office:
State Islamic Institute of Madura
Jl. Raya Panglegur km. 04 Pamekasan East Java. Phone. (0324)333187 fax 322551

Contact Person:
Agik Nur Efendi
Call/SMS/WA: 085732475307

E-mail :
ghancaran@iainmadura.ac.id

Lokasi Ghancaran