PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SDN BRANTA PASESER III TLANAKAN PAMEKASAN

Uul Khasanah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilakukan mengingat tentang pentingnya peran guru dalam proses pendidikan. Fasilitas pendidikan yang lengkap dan canggih, namun tidak didukung oleh keberadaan guru yang berkualitas dan profesional, maka mustahil akan menghasilkan proses belajar dan pembelajaran yang maksimal. Profesionalisme merupakan kata yang tepat untuk menggambarkan kualitas pendidikan di suatu lembaga, hal tersebut diyakini, bahwa bangsa yang maju merupakan bangsa yang setiap warganya, dalam tingkah lakunya mencerminkan pribadi yang terdidik, dan untuk mewujudkan hal tersebut sangat diperlukan tenaga pengajar yang professional atau menguasai bidangnya. 

Penelitian ini membahas tentang: Pengaruh Profesionalisme Guru terhadap HasilBelajar siswa di SDN Branta Paseser III Tlanakan Pamekasan. Adapun sub masalah pokok dalam pembahasanini adalah; Bagaimana pengaruh profesionalisme guru terhadap hasil belajar diSDN Branta Paseser III Tlanakan Pamekasan, dan seberapa besar  pengaruh profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswadi SDN Branta Paseser III Tlanakan Pamekasan.

Tujuan penyusunan skripsi ini untuk; a) mengetahui pengaruh profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswadi SDN Branta Paseser III Tlanakan Pamekasan,dan b) mengetahui seberapa besar pengaruh profesionalisme guruterhadap hasil belajar siswa di SDN Branta Paseser III Tlanakan Pamekasan.

Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas I, II, III, IV, V, dan VI yaitu lebih dari 100 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini 37 siswa. Adapun teknik penarikan sampel penelitian ini dilakukan dengan metode random sampling atau sampel bertingkat. Teknik pengmpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif yang berupa analisis data statistik, dengan menggunakan pendekatan korelasional dan teknik korelasi product moment. Salah satu tujuan dari penelitian korelasi ini yaitu untuk mencari bukti apakah memang benar antara dua variabel yaitu variabel X (profesionalisme guru) dan variabel Y (hasil belajar)  terdapat hubungan atau korelasi.

Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa uji koefisien korelasi (rxy) yang terdiri dari 24 soal angket dan 10 bidang studi instrumen penelitian dan dijawab oleh 37 responden, didapatkan hasil bahwa rxy(0,648) lebih tinggi dari tabel “r” (0,325) ditingkat signifikan 5% (r11≥r_t). Berarti terdapat hubungan antara variabel X dan variabel Y. Hasil nilai 0,648 memiliki rentang nilai antara 0,40 – 0,70, dalam tabel interprestasi korelasi termasuk kategori sedang atau cukup.

Kata Kunci: profesionalisme guru, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Daftar Rujukan

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: PT. Reneka Cipta, 2006.

Arikunto, Suharsimi. Prossedur Penelitian :Suatu Pendekatan Praktik”, Jakarta: Rinneka Cipta,2013.

Dokumentasi SDN Branta paseser III Tlanakan Pamekasan.

Faisal, Sanaplah.Metodologi Penelitian Pendidikan Surabaya: Usaha Nasional, 1982.

John W. Creswell, Educational Research Boston: Pearson Education, 2012.

Prasetyo, Bambang.Metode Penelitian Kuantitatif Teori &Aplikasi Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.

Rusman, Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana, 2017.

Rusman. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Rajawali pers, 2012.

Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,2012.

Suparlan.Menjadi Guru Efektif, Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2010.

Suprihatiningrum, Jamil. Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi, & Kompetensi Guru, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.19105/mubtadi.v1i1.3000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN: 2715-7067

E-ISSN: 2720-8850


Editor Office:

State Islamic Institute of Madura
Jl. Raya Panglegur km. 04 Pamekasan East Java. Phone. (0324)333187 fax 322551

Contact Person:
Tri Sutrisno
Call/SMS/WA: 082330601716

E-mail :
mubtadijurnal@iainmadura.ac.id

Map : -7.197888, 113.473839




Mubtadi:Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License