UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI MATEMATIKA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MELALUI PENERAPAN METODE JIGSAW KELAS V MI AL-KHALILI SUMBER BUNGUR PAKONG

Riskiyah .

Abstract


ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini adalah prestasi belajar siswa pada bidang studi matematika masih di bawah KKM yang ditetapkan. KKM yang ditetapkan adalah 70. Proses pembelajaran yang digunakan di MI Al-Khalili adalah pembelajaran yang masih berpusat pada guru (teacher oriented). Siswa masih belum aktif dalam kegiatan pembelajaran karena selama pembelajaran guru menyampaikan materi menggunakan metode ceramah dan menulis dipapan tulis. Oleh karena itu salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa menggunakan penerapan metode jigsaw.

Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana penerapan metode jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas V MI Al-Khalili Sumber Bungur Pakong; kedua, bagaimana gambaran keberhasilan peningkatan prestasi belajar siswa di kelas V MI Al-Khalili Sumber Bungur Pakong setelah diterapkannya metode jigsaw.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Al-Khalili Smber Bungur pakong yang berjumlah 20 orang. Model penelitian ini menggunakan model yang dikembangkan oleh Stephen Kemmis dan Robbin MC Taggart yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Sebelum diterapkanya siklus tersebut diadakan sebuah pre-test untuk mengukur tingkat prestasi belajar siswa kelas V MI Al-Khalili Sumber Bungur. Penelitian ini dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data dan penarikan kesimpulan berupa persentase antar siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan prestasi belajar siswa dalam penerapan metode jigsaw pada bidang studi Matematika materi sifat-sifat bangun datar. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa masih 60% sehingga masih membutuhkan ketelitian dan penyesuaian terhadap kemampuan peserta didik. Akan tetapi pada siklus II penerapan metode jigsaw setelah diperbaiki dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di Kelas V MI Al-Khalili Sumber Bungur Pakong. Hal ini terlihat dari persentase siswa yang tuntas belajar diatas KKM yaitu 80% pada siklus II.

Kata kunci: Jigsaw,  Prestasi Belajar Siswa


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Amri, Sofan dkk. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran: pengaruh terhadap mekanisme dan praktik kurikulum. Jakarta: prestasi pustaka, 2010.

Anggoro, Toha dkk. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka, 2011.

Anitah, Sri. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka, 2009.

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Arikunto, Suharsimi dkk. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Akasara, 2007.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Asmani, Jamal ma’mur. 7 Tips Aplikasi PAKEM. Diva Press: Jogjakarta, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.19105/mubtadi.v1i2.3016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN: 2715-7067

E-ISSN: 2720-8850


Editor Office:

State Islamic Institute of Madura
Jl. Raya Panglegur km. 04 Pamekasan East Java. Phone. (0324)333187 fax 322551

Contact Person:
Tri Sutrisno
Call/SMS/WA: 082330601716

E-mail :
mubtadijurnal@iainmadura.ac.id

Map : -7.197888, 113.473839




Mubtadi:Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License