Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menjumlahkan Dan Mengurangkan Bentuk Pecahan Biasa Yang Perpenyebut Tidak Sama di Kelas V SDN Kalianget Barat IV Kec. Kalianget Kab. Sumenep

Agus Syafrudin

Abstract


 

Dalam pengajaran Matematika, ketepatan dalam penggunaan metode pengajaran sangat mempengaruhi hasil belajar Matematika ang dicapai oleh siswa. Banyak metode pengajaran yang bisa dikembangkan dalam kegiatan belajar-mengajar. Misalnya: metode ceramah, metode diskusi, metode demonstrasi, metode tanya-jawab, metode pemberian tugas, dan lain-lain. Setelah melihat hasil evaluasi dan refleksi terhadap pembelajaran. Penjumlahan dan pengurangan bentuk pecahan biasa yang berpenyebut tidak sama dengan metode diskusi pada siklus I, menunjukkan pembelajaran belum efektif dan masih perlu dilakukan perubahan pada rencana perbaiakan pembelajaran (pada siklus II) berdasrkan kelemahan siklus I. Hasil peneamatan terhadap peran guru dalam pembelajaran di kelas pada kegiatan : Pada tahap pradiskusi, apersepsi yang diberikan guru sudah dapat membangkitkan motivasi siswa, dan guru sudah siap dengan perencanaan yang akan mengkondisikan pembelajaran. Pada tahap diskusi, guru sudah dapat mengarahkan   jalannya pembelajaran sesuai yang direncanakan, dan guru sudah dapat menjadi fasilitator dalam menanggapi kesulitan-kesulitan siswa. Pada setelah diskusi guru sudah nampak memberikan aploug dan penguatan terhadap unjuk kerja siswa, dan guru sudah menilai dan sudah dapat mengukur kemampuan siswa setelah pembelajaran. Dari basil revaluasi dan refleksi terhadap pembelajaran pembelajaran Penjumlahan dan pengurangan bentuk pecahan biasa yang berpenyebut tidak sama dengan metode diskusi pada siklus II, terjadi peningkatan motivasi, perhatian, dan keaktifan siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan metode diskusi. Hasil skor siswa setelah mengerjakan soal penjumlahan dan pengurangaa bentuk pecahan biasa yang berpenyebut tidak sama juga terjadi peningkatan.

 

Kata Kunci          : Diskusi, Menjumlahkan, Mengurangkan


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Dimyati dan Mojiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah S.B dan Zain. 1969. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta, Jakarta.

KKG dan KKPS. 2004. Kurikulum SDM 2004. Jakarta: Depdikbud.

Nurgiyantoro, B. 1987. Penilaian dalam Belajar Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPEE.

Sudjana, N. 2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Sudwiyanto, dkk. 2003. Terampil Berhitung V. Jakarta: Erlangga

Uzer, M.U. 1996. Menjadi guru professional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Wardani. I.G.A.K. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Universitas Terbuka




DOI: http://dx.doi.org/10.19105/mubtadi.v1i2.3019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN: 2715-7067

E-ISSN: 2720-8850


Editor Office:

State Islamic Institute of Madura
Jl. Raya Panglegur km. 04 Pamekasan East Java. Phone. (0324)333187 fax 322551

Contact Person:
Tri Sutrisno
Call/SMS/WA: 082330601716

E-mail :
mubtadijurnal@iainmadura.ac.id

Map : -7.197888, 113.473839




Mubtadi:Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License