Penerapan Pembelajaran Kontekstual Model pengajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKn dalam Materi Pokok Lembaga Pemerintahan Tingkat Pusat Siswa Kelas IV SDN Murtajih III Kecamatan Pademawu Kab. Pamekasan

Umar .

Abstract


Abstrak

 

Arus reformasi nasional telah digelindingkan, krisis reformasi mulai dibenahi dari lembaga pemerintahan dampai pada dunia pendidikan juga mulai dibenahisehingga menghantarkan PKn bahan kajian yang menarik. Apalagi akhir-akhir ini ada sekelompok orang yang meragukan eksistensi PKn. Karena banyaknya penyelewengan dan pengkhianatan Pancasila, sehingga pembangunan manusia seutuhnya menjadi terhambat. Dan ada pula yang mempertanyakan keberhasilan pengajaran PKn terhadap moral pelajar khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. Sementara prestasi beajar PKn Kelas IV SDN Murtajih III Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan semester II masih rendah yaitu 48 atau dibawah 50% rata-rata kelas, untuk itulah perlu diadakan penelitian tindakan kelas, dan setelah penelitian diharapkan presrtasi belajar PKn siswa kelas IV telah mencapai 70 atau lebih. Penelitian ini berdasarkan permasalahan : (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar PKn dengan diterapkannya pembelajaran model pengajaran Model Jigsaw  ? (b) Bagaimanakah pengaruh pembelajaran kontekstual model pengajaran Model Jigsaw  terhadap motivasi belajar PKn. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah : (a) Mengetahui peningkatan prestasi belajar PKn setelah diterapkannya pembelajaran kontekstual model pengjaran Model Jigsaw .(b.) Mengetahui pengaruh motivasi belajar PKn setelah diterapkan pembelajaran kontekstual model pengajaran bebasis masalah. (c) Menyempurnakan pelaksanaan pembelajaran PKn. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari 4 tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN Murtajih IIIKecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan semester II. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi beljar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu , siklus I (67,44%), siklus II (76,74%), siklus III (88,37%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif dapat berepengaruh positif terhadap prestasi dam motivasi belajar siswa Kelas IV SDN Murtajih III Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan semester II, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PKn.

 

KataKunci  : Kontektual, Jigsaw, Prestasi


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ali, Muhammad. 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Arikunto, Suharsismi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Azhar, Lalu Muhammad. 1993. Proses Belajar mengajar Pendidikan. Jakarta: Usaha Nasional.

Daroeso, Bambang. 1989. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Semarang: Aneka Ilmu.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Sukidin, dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.

Surakhmad, Winarto. 1990. Metode Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars.

Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.

Syah, Muhibin. 1995. Psikologi Pendidikan, Suatu pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Usman, Muh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.19105/mubtadi.v1i2.3020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN: 2715-7067

E-ISSN: 2720-8850


Editor Office:

State Islamic Institute of Madura
Jl. Raya Panglegur km. 04 Pamekasan East Java. Phone. (0324)333187 fax 322551

Contact Person:
Tri Sutrisno
Call/SMS/WA: 082330601716

E-mail :
mubtadijurnal@iainmadura.ac.id

Map : -7.197888, 113.473839




Mubtadi:Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License