PROBLEMA GURU DALAM MENGAJARKAN BERHITUNG PEMBAGIAN DIKELAS RENDAH SEKOLAH DASAR

Yantoro Yantoro Yantoro, Endang Putri Susanti, Agung Rimba Kurniawan

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problema guru dalam mengajarakan berhitung pembagian dikelas rendah sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Study Kasus. Subjek penelitian adalah guru wali kelas 2 Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui wawancara terstruktur dan dokumentasi.Data yang diperoleh berupa data kualitatif yang berisi deskripsi tentang hasil wawancara dengan guru mengenai strategi pembelajaran berhitung pembagian disekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di kelas II SD Negeri 155/1 Sungai Buluh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki problema dalam mengajarkan berhitung pembagian dikelas rendah. Berdasarkan indikator berhitung pembagian yaitu pengenalan konsep membagi, pembagian sederhana, dan mengajarkan konsep sisa, problema guru dalam mengajar berhitung pembagian yaitu terdapat pada peserta didik yang masih terfokus pada menghafal perkalian saja tanpa memahami pada proses operasi hitung pembagian itu sendiri.
Kata Kunci : Problema Guru, Berhitung Pembagian


Full Text:

PDF

References


Herutman. (2017). Model Pembelajaran Matematika Disekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Khairunnisa. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan metode Quantum Learning, Skripsi (Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah).

Majid, Abdul (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Priatna, Nanang, dan Ricki Yuliardi. (2018). Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putra, Wija Sindu. (2015). Analisis kesulitan belajar Matematika Siswa Kelas II Pada Implementasu Kurikulum 2013 Di SD Se-Kecamatan Buleleng. Jurnal PGSD Universitas pendidikan Ganesha, Vol 3 (1), 2015 Hlm 4.

Rosmala A, dan Isro’atun. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Rosyadi, Widia. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pembagian Pada Siswa Kelas IV SDN Di Kecamatan Winong Kabupaten Pati, Skripsi (Semarang: Universitas Negeri Semarang).

Sari, Luftia Renny. (2018). Peningkatan Ketrampilan Berhitung Mata Pelajaran Matematika Materi pembagian Bilangan Tiga Angka Menggunakan Media Dakon Pada Siswa Kelas 3 di SDI Sabilil Falah sukodono, Skripsi (Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundaya, Rostina. (2016). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung : Alfabeta.

Supinah. (2009). Strategi Pembelajaran Matematika SD. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Soemarmo, Utari. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Wahyuni, Sri.(2013). Metode Penelitin Kasus. Madura. UTM PRESS.




DOI: http://dx.doi.org/10.19105/mubtadi.v2i1.3475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN: 2715-7067

E-ISSN: 2720-8850


Editor Office:

State Islamic Institute of Madura
Jl. Raya Panglegur km. 04 Pamekasan East Java. Phone. (0324)333187 fax 322551

Contact Person:
Tri Sutrisno
Call/SMS/WA: 082330601716

E-mail :
mubtadijurnal@iainmadura.ac.id

Map : -7.197888, 113.473839




Mubtadi:Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License