ANALISIS KRITIS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE DI MADRASAH IBTIDAIYAH MASA PANDEMI COVID 19 (SOLUSI MENYELAMATKAN MASA DEPAN ANAK-ANAK INDONESIA)

Muhammad Syahrul Ulum, Jati Pamungkas

Abstract


Abstraksi

Pada tanggal 15 Maret 2020 atau tiga hari setelah Covid-19 ditetapkan sebagai pandemi, Presiden Republik Indonesia mengeluarkan kebijakan bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Kebijakan tersebut mempunyai arti bahwa semua kegiatan harus berubah orientasinya yaitu tidak boleh melalui tatap muka secara langsung, termasuk di dalamnya adalah kegiatan belajar-mengajar di berbagai jenjang pendidikan baik formal maupun informal. Kegiatan belajar-mengajar tetap berjalan, akan tetapi harus memanfaatkan media berbasis online dengan maksud untuk menghindari penularan Covid-19 di Indonesia. Penelitian ini mengkaji penerapan model pembelajaran berbasis online di jenjang pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dengan analisis kritis data level mikro. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa ada unsur kecanduan teknologi oleh peserta didik untuk disalahgunakan di luar kepentingan pembelajaran. Selain itu, jebakan pendidikan gaya bank telah menjerat proses pembelajaan di mana guru lebih memposisikan diri sebagai subjek dan peserta didik sebagai objek yang hanya bisa menerima begitu saja perintah dari gurunya melalui pemberian tugas mandiri secara terus-menerus dengan sejumlah deadline pengumpulan akhir. Tujuan pendidikan secara umum tetap diarahkan pada pembentukan pribadi yang bermental pembebas, humanis dan demokratis, namun kenyataannya justru menjadikan peserta didik mengalami penindasan akan teknologi pembelajaran.

  Kata kunci: Madrasah Ibtidaiyah, pembelajaran online, teknologi, analisis   kritis


Full Text:

PDF

References


Alisyahbana, I. 1980. Teknologi dan Perkembangan. Jakarta: Yayasan Idayu

Adiwikarta, S. 2016. Sosiologi Pendidikan: Analisis Sosiologi Tentang Praksis Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Ariobimo, 2008. Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: Grasindo.

Azzet, A.M. 2017. Pendidikan yang Membebaskan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Damsar. 2015. Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group

Dzakiri, H. 2000. Islam dan Pembebasan. Jakarta: Djabatan dan Pena

Freire, P. 2008. Pendidikan Kaum Tertindas. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia

Johnson, D.L. 1986. Teori Sosiologi Klasik dan Modern Jilid II. Jakarta: Gramedia

Semi, Atar. 2012. Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa Bandung

Semiawan, Conny R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Grasindo

Sindhunata. 1982. Dilema Usaha Manusia Rasional: Kitik Masyarakat Modern oleh Max Horkheimer Dalam Rangka Sekolah Frankfurt. Jakarta: PT Gramedia

Singer, Dorothy dan Jerome Dorothy. 2012. Handbook of Childern and The Media. Singapura: SAGE Publications Asia-Pasific Ltd.

Siswantoro. 2005. Metode Penelitian Sastra: Analisis Psikologis. Surakarta: Muhammadiyah University Press

Switri, Endang. 2019. Teknologi dan Media Pendidikan Dalam Pembelajaran. Pasuruan: Qiara Media.

Sudarsana, I Ketut. 2020. Covid-19: Perspektif Pendidikan. Medan: Penerbit Kita Menulis.

Umiarso dan Zamroni. Pendidikan Pembebasn dalam Perspektif Barat dan Timur. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Wirawan, I.B. 2012. Teori-teori Sosial dalam Tiga Paradigma: Fakta Sosial, Definisi Sosial, dan Perilaku Sosial. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zajda, Joseph dan Sev Ozdowski (Ed.). 2017. Globalisation, Human Rights, Education, and Reform. Dordrecht: Springer Nature BV.

https://www.who.int/dg/speeches/detail/who-director-general-s-opening-remarks-at-the-mission-briefing-on-covid-19---12-march-2020 diakses pada 5 Mei 2020

https://setkab.go.id/minta-masyarakat-tenang-presiden-saatnya-bekerja-belajar-dan-beribadah-dari-rumah/ diakses pada 6 Mei 2020

https://harirsilk.wordpress.com/2015/04/15/pendidikan-yang-membebaskan-menurut-paulo-freire-dalam-perspektif-pendidikan-islam/, diakses 5 Juli 2020




DOI: http://dx.doi.org/10.19105/mubtadi.v2i1.3584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN: 2715-7067

E-ISSN: 2720-8850


Editor Office:

State Islamic Institute of Madura
Jl. Raya Panglegur km. 04 Pamekasan East Java. Phone. (0324)333187 fax 322551

Contact Person:
Tri Sutrisno
Call/SMS/WA: 082330601716

E-mail :
mubtadijurnal@iainmadura.ac.id

Map : -7.197888, 113.473839




Mubtadi:Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License