PEER REVIEW GUIDELINES

Jurnal ini mengikuti kebijakan single blind peer review. Artikel dikirim pada beberapa reviewer (ahli yang mengkaji bidang tersebut) untuk melakukan proses review artikel sesuai dengan petunjuk dan selingkung jurnal agar dapat menemukan artikel penelitian yang berkualitas. Reviewer berhak menerima ataupun menolak artikel yang dianggap tidak layak muat.

Proses review dan publikasi mengacu pada kebijakan review dan publikasi jurnal.

Tahap 1    : Naskah yang dikirim akan diakui  selama 12-24 jam dari pengiriman.

Tahap 2    : Naskah yang telah di kirim ke beberapa reviewers (artikel tanpa nama dan afiliasi dari pengarang). Proses review berjalan maksimal dua minggu.  

Tahap 3    : hasil review akan dikumpulkan dari reviewer dan editor exekutif akan mengirimkan hasil review kepada pengarang termasuk semua terms dan kondisi publikasi.

Tahap 4    : jika artikel adalah subyek diterima untuk modifikasi, editor eksekutif akan mengirimkan hasil review kepada pengarang/ koresponden pengarang termasuk permintaan formal untuk memodifikasi artikel selama tujuh hari seoerti saran darai reviewer. Pengarang eksekutif akan mengirim artikel modifikasinya ke pada beberapa reviewer seperti tercantum pada  artikel untuk melakukan modifikasi pembenaran. Jika artikel di kembalikan pada reviewer, artikek tercantum akhirnya ditolak. Jurnal tidak akan memproses seperti yang tercantum dalam artikel. Bagaimanapun, dalam kasus yang sedikit perubahan, editorial board mungkin mempertimbangkan artikel untuk modifikasi lebih lanjut.

Tahap 5    : artikel yang diterima akan diproses untuk publikasi (soft copy) atas keberhasilan penyelesaian pada term dan kondisi jurnal.

Tahap 6    : bukti pembacaan. Editor eksekutif akan mengirim proses publikasi artikel (MS Word) untuk para pengarang/ koresponden pengarang sebagai bukti pembacaan

Tahap 7    : artikel yang di publikasikan online pertama kali. Editor eksekutif akan memberi catatan kepada pengarang/koresponden pengarang dengan menggunakan link download yang dibutuhkan. Pengarang/koresponden pengaran mungkin meminta beberapa perbaikan dalam artikel yang diterbitkan.

Tahap 8    : jurnal yang dipublikasikan dalam cetak dalam satu atau dua minggu dari publikasi online.

Tahap 9    : editor eksekutif akan meminta pengaranng dari artikel terpublikasi mengirimkan alamat email yang benar dan sempurna (dengan menggunakan kode ZIP dan kode postal) selama seminggu dari publikasi cetak.

Tahap 10 : editor eksekutif mengirim hard copy jurnal nuasa jika memungkinkan kepada pengarang selama satu atau dua bulan sesudah publikasi cetak.