Tafsir Burhani Ayat Ekonomi Rekontruksi Penafsiran Terhadap Sumber Ekonomi Islam

zainal abidin

Abstract


Dalam pemetaan konsep ekonomi Islam terdapat tiga entitas yang memiliki hubungan yang signifikan. Pertama, Islam yang mempunyai konsep yang holistik disemua ranah kehidupan termasuk ekonomi. Islam telah mempunyai sumber-sumber yang cukup mapan yaitu salah satunya Al-Qur’an.  Kedua, Konsep ekonomi konvensional yang juga relatif mapan dan mempunyai pengaruh yang besar terhadap pemikiran manusia di dunia ini, termasuk dunia Islam yang bisa dijadikan al-ma’lumat al- sabiqat. Ketiga, konsep ekonomi Islam yang masih dalam usia yang relatif masih muda. Posisi Al-Qur’an sebagai sebuah sumber tentunya akan menentukan perkembangan eonomi Islam kedepan.

Oleh karena itu dibutuhkan sebuah rekontruksi pemikiran yang memberikan ruang yang cukup berarti bagi ekonomi Islam untuk meng-absorbsi semua entitas yang ada, baik dari sumber Islam (yang nota bene Al-Qur’an sebagai utamnya) dan ekonomi konvensional yang telah teruji eksis di dalam kehiduan manusia ini.

Metode yang bisa ditawarkan adalah tafsir burhani dari konsep pemikiran Jabid Al- Jabiri. Selama ini ranah penafsiran ini masih didominasi konsep bayani yang masih menempatkan teks-teks sebagai sesuatu yang sakral sehingga kehilangan hubungan yang harmonis dengan konteksnya. Penekanan adanya research dalam metode burhani merupakan sebuah rekontruksi terhadap metode bayani yang hanya menekankan pada istibanthiyah  semata. Konvergensi antara kedua metode tersebut yaitu antara bayani dan burhani akan melahirkan sebuah penafsiran yang hidup sehingga Al-Qur’an bukan hanya bacaan yang menghiasi Islam tetapi sekaligus way of life atau dikenal sebagai hudan sesuai dengan fungsi diturunkannya Al-Qur’an

Keywords


Dalam pemetaan konsep ekonomi Islam terdapat tiga entitas yang memiliki hubungan yang signifikan. Pertama, Islam yang mempunyai konsep yang holistik disemua ranah kehidupan termasuk ekonomi. Islam telah mempunyai sumber-sumber yang cukup mapan yaitu salah

Full Text:

PDF

References


Al-Farmawi, Abd Hay. Muqaddimah fi Al Tafsir Al Maudlu’i. Kairo: Al Hadharah Al Arabiyah, 1977.

Al-Jabiri, Muhammad ‘Abid. Bunyat al-‘Aql al-‘Arabi; Dirasah Tahliliyah Naqdiyah Li Nazmi al-Ma’rifah fi al-Thaqafah al-‘Arabi. Beirut: al-Markaz al-Thaqafi al-Arabi, 1993.

Al-Jabiri, Muhammad Abid. Takwin al-‘Aql al-‘Arabi. Casablanca: al-Markaz al-Thaqafi al’Arabi, 1991.

Baidan, Nashruddin. Metode Penafsiran Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.

Shah , M. Aunul Abied. Islam Garda Depan: Mosak Pemikiran Islam Timur Tengah. Bandung: Mizan Media Utama, 2001.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Qur’an Dengan Metodode Maudl'u’i; Beberapa Aspek Ilmiah Tentang Al-Qur’an. Jakarta:PTIA, 1986.

Suryadilaga, M. Alfatih. Dkk. Metode Ilmu Tafsir. Yogyakarta: TERAS,2005.

Syafe’i, Rachmat. Pengantar Ilmu Tafsir. Bandung: Pustaka Setia, 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.19105/islamuna.v5i1.1840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats
 

 
 

Flag CounterCreative Commons License
Jurnal Studi Islam by Islamuna