PENDEKATAN INTEGRATIF DALAM STUDI ISLAM

Fu'ad Arif Noor

Abstract


PendekatanIntegratifadalahkajian yang menggunakancarapandangdanataucaraanalisis yang menyatudanterpadu, analisisintegratifdapatdikelompokkanmenjadidua. Pertama, integratifantarseluruhnash yang terkaitdenganmasalah yang sedangdikupasataudibahas. Kedua, integratifantaranashdenganilmu lain yang terkaitdenganmasalah yang sedangdibahas.

Ilmu-ilmu ke-Islaman adalah produk ijtihad para ilmuan (ulama/mujtahid). Dengan penempatan pada level yang demikian, maka ilmu-ilmu ke-Islaman yang  kenal sekarang ini adalah tidak identik dengan wahyu.  Dan bukan rahasia lagi bahwa praktek pendidikan dan pengajaran agama Islam selama ini terlalu menekankan pada sumber dan kebenaran tekstual. sehingga melupakan kenyataan bahwa ketika gagasan pemikiran, ide yang menjelma menjadi keyakinan dan keimanan yang berlandaskan teks itu dipraktekkan dan dioperasionalisasikan di lapangan, maka secara otomatis muncul berbagai pemahaman dan interpretasi.

Integrasi antara ilmu umum dan ilmu agama itu pada dasarnya dilandaskan pada tauhidiq system, yakni menempatkan Allah sebagai awal dan akhir dari segalanya. Karena keyakinan tauhid dan juga keyakinan akan nilai-nilai agama bisa lahir dari ilmu apa saja termasuk ilmu yang selama ini digolongkan pada ilmu umum. Sebagai masyarakat akademisi tentunya menjadi suatu tantangan untuk mewujudkan bahwa Islam adalah rahmat seluruh alam, yang tetap memiki arah kemaslahatan dunia dan akhirat.Maka bukanlah sesuatu hal yang mustahil apabila PTAI kelak menjadi kiblat ilmu pengetahuan dengan syarat ada kesungguhan untuk mengadakan perubahan yang mendasar, diantaranya reinterpretasi ajaran Islam, mereformasi posisi beberapa dari segi pengajarannya, sampai dengan pengembangannya, merekontruksi yang diawali dengan dekontruksi kajian Islam, serta mengembangkan ilmu-ilmu keislaman

Keywords


Integratif, Study Islam, Keilmuan Umum dan Agama

Full Text:

PDF

References


Ahmad Barizi,Pendidikan Integratif,(Malang: UIN malikiPress, 2011).

Akh. Minhaji, Tradisi Akademik di Perguruan Tinggi, (Yogyakarta: Suka-Press,2013).

A. Qodri Azizy, Pengembangan Ilmu-Ilmu Keislaman,(Jakarta: Direktorat PerguruanTinggi Agama Islam Departemen Agama RI,2003).

http://www.tongkronganislami.net/2012/04/konsep-pendidikan-islam-integratif_09.html#ixzz3uTRH1w5hdiaksespadarabu 16 Desember 2015

Imam Tholkhah dan Ahmad Barizma, Membuka Jendela Pendidikan, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2004).

JasaUngguh Muliawan,Pendidikan IslamIntegratif,(Jogjakarta: Pustaka Pelajar, 2005).

KhoiruddinNasution, PengantarStudi Islam, (Yogyakarta: ACAdeMIA+TAZZAFA, 2012).

Kontowijoyo, Paradigma Islam Interpretasi Untuk Aksi, (Bandung: Mizan,1999).

M. Amin Abdullah, Islamic Studies di Perguruan Tinggi,(Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2006).

Waryani Fajar Riyanto, Filsafat Ilmu Integratif [FIT], (Yogyakarta: 2012).




DOI: http://dx.doi.org/10.19105/islamuna.v5i1.1904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats
 

 
 

Flag CounterCreative Commons License
Jurnal Studi Islam by Islamuna