Islam dan Pembangunan Manusia di Era Globalisasi

as'ad bukhari

Abstract


Di era globalisasi membuat manusia semakin terus besaing dan meningkatkan kemampuan untuk dapat menjadi manusia yang produktif.Pembangunan manusia merupakan hal utama dalam melakukan perubaan serta kemajuan dalam kehidupan.Dalam pembahasan Pembangunan manusia di era globalisasi yang merupakan program dunia melalui persatuan bangsa-bangsa tidak terlepas dari kajian Islam.Sehingga Islam sebagai agama dapat masuk untuk menjadi pembahasan yang sangat penting dalam isu-isu pembangunan tentunya.Pembangunan nasional menjadi tugas utama pemerintah dari tingkat daerah sampai provinsi, sehingga mempersipakan sumberdaya manusia sebagai bentuk peggerak dan pengelolanya.Kebijakan terhadap pembangunan sumberdaya manusia selalu mengalami dinamika dan perkembangnnya dari segi sosiologi, antropologi dan budaya.Islam sebagai agama mayoritas di Indonesia menjadi penentu dan memiliki pengaruh besar terhadap isu pembangunan secara nasional.Islam dan pembangunan manusia di era globalisasi menjadi hal terpenting untuk membangun Indonesia menjadi negara yang berbudaya, berkarakter dan berkemajuan. Dengan demikian proses pembangunan menjadi bagian utama untuk merekonstruksi infrastuktur, manusia, jaringan dan setiap aspeknya. Konstruksi dalam pemikiran agama yakni pemikiran studi Islam dalam proses pembangunan menjadi tujuan agar tercipatanya pembangunan di era globalisasi. Hal tersebut juga sebagai bentuk memajukan masyarakat dan pola pikir manusia yang melek digital serta sadar akan ilmu pengetahuan, teknologi, pembangunan dan kehidupan di era globalisasi dalam bentuk hubungan internasional

Keywords


Konstruksi Studi Islam, Pembangunan Manusia, Globalisasi

Full Text:

PDF

References


Badruddin, Syamsiah. Teori dan Indikator Pembangunan. Jakarta: Yayasan Obor, 2009.

Badan Pusat Statistik (BPS), Statistik Tahunan, Berbagai Tahun Penerbitan diakses Pada 27 Mei 2018.

Davies, A. and G. Quinlivan, A Panel Data Analysis of the Impact of Trade on Human Development, Journal of Socioeconomics, 2006.

Dunstan, Isabel, Indeks Pembangunan Manusia Indonesia Meningkat tapi Kesenjangan Masih Tetap Ada. diakses 24 Mei 2018.

Giddens,Anthony, The Third Way, Jalan Ketiga: Pembaharuan Demokrasi Sosial, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2000.

Kencana Syafiie, Inu. Sistem Pemerintahan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Kumalasari, Merna. Analisis Pertumbuhan Ekonomi, Angka Harapan Hidup, Angka Melek Huruf, Rata-rata lama sekolah, Pengeluaran Perkapita, dan Jumlah Penduduk Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Jawa Tengah. Skripsi, 2011.

Jakson, Robert Dan George Sorensen. Pengantar Studi Hubungan Internasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Maqin, Abdul. 2007. Indeks Pembangunan Manusia: Tinjauan Teoritis, Empiris di Jawa Barat (Makalah Pelatihan Program pendanaan Kompetisi Indeks Pembangunan Manusia PPK-IPM).Sumedang, tanggal 25 April 2015.

Mullis, IVS., Martin, MO., Foy, P. TIMSS 2011 International Results in Mathematics. TIMSS & PIRLS International Study Center, Lynch School of Education, Boston College, 2011.

Miharja, Fuad Jaya, Peran Media Pembelajaran Islam dalam Mengembangkan Kualitas Pendidikan Nasional di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Reformasi Pendidikan dalam Asean Economic Community (AEC)‖ di FKIP Universitas Jember, 2015

Nasution, Zulkarimen. Komunikasi Pembangunan (Pengenalan Teori dan Penerapannya). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.

Sukirno, Sadono. Beberapa Apek Dalam Persoalan Pembangunan Daerah. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 1982.

Sukma, Islam Pembangunan, www.wordpress.com, diakses 3 Mei 2018.

Thompson, S., Provasnik, S., Kastberg, D., Ferraro, D., Lemanski, N., Roey, S., and Jenkins, F. 2012.Reading Achievement of U.S. Fourth- Grade Students in an International Context (NCES 2013–010 Revised). National Center for Education Statistics, Institute of Education Sciences, U.S. Department of Education. Washington, DC. Government Printing Office, Highlights From PIRLS 2011.

T, Moeljarto. Politik Pembangunan (Sebuah Analisis Konsep, Arah dan Strategi). Yogyakarta: PT. Tiara Wacana Yogya, 1995.

Yudi, Alex Aldha, Pengembangan Mutu Pendidikan Ditinjau dari Segi Sarana dan Prasarana (Sarana dan Prasarana PPLP). Jurnal Cerdas Sifa Vol.1 Mei-Agustus 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.19105/islamuna.v5i1.1907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats
 

 
 

Flag CounterCreative Commons License
Jurnal Studi Islam by Islamuna