INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN BERBASIS KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP MA’ARIF 4 PAMEKASAN

Halimatus Sadiyah

Abstract


Pendidikan Agama Islam (PAI)  sebagai salah satu mata pelajaran yang diarahkan dalam rangka mempersiapkan peserta didik untuk meyakini, memahami,  dan mengamalkan  nilai-nilai   ajaran Islam, merupakan  mata pelajaran  yang   diarahkan  untuk  membekali  dan  membentuk  manusia berkualitas  yang memiliki   kecakapan  dalam hidupnya   dengan mengembangkan potensi yang ada. Karena pada dasarnya agama Islam merupakan pondasi dalam menjalani kehidupan, dengan memberi bimbingan dan pedoman dalam menjalani kehidupan, serta membawa manusia  kepada kebaikan baik di dunia maupun di akhirat. Dalam internalisasi pendidikan kecakapan hidup diperlukan adanya reorientasi  pembelajaran, dengan mengintegrasikan  pendidikan kecakapan hidup dalam pokok bahasan mata pelajaran. Sekurang-kurangnya ada tiga hal yang perlu dilakukan dalam reorientasi pembelajaran, yaitu: (1) menganalisis kecakapan hidup yang akan dikembangkan dalam setiap topik atau pengalaman belajar dalam setiap mata pelajaran,  atau   pembelajaran  tematis  yang  meliputi  beberapa  pelajaran sekaligus; (2) mengembangkan  model pembelajaran yang tepat; dan (3) penilaian hasil belajar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah qualitative research, karena data yang dikumpulkannya lebih banyak bersifat kualitatif dalam arti data bukan dalam bentuk, angka baik interval, ordinal maupun data diskrit sekaligus berusaha menggambarkan realitas sebagaimana adanya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di SMP Ma’arif 4 Pamekasan, internalisasi nilai-nilai pendidikan berbasis kecakapan hidup yang dikembangkan dalam pembelajaran PAI yang paling dominan adalah kecakapan personal dan kecakapan sosial yang mencakup padaaspekthinking  skill, communication skill, spritual skill, collaboration skill dan lain-lain.


Keywords


Pembelajaran PAI, nilai-nilai pendidikan, life skills

References


Undang-undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Jakarta: Wacana Intelektual Press, 2006)

Muhaimin,dkk. Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Sekolah dan Madrasah (Jakarta:PTRajaGrafindoPersada,2008)

Tim Broad Based Education(BBE)(a), Pendidikan Berorintasi Kecakapan Hidup (Life skills Education) (Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional, 2002)

Muhaimin, Pendidikan Kecakapan Hidup dalam Perspektif Islam, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008)

Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan, Pengembangan Model Pendidikan Kecakapan Hidup di Sekolah Menengah (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2006).

Departemen Agama Republik Indonesia (a), Pedoman Integrasi Pendidikan Kecakapan Hidup (Life skills) dalam Pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah (Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2005)

Suti’ah, Buku Ajar, Teori Pembelajaran (Malang: Universitas Negeri Malang, 2006)

Zuhairini dan Abdul Ghofir, Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Malang: Fakultas Tarbiyah UIN Malang dan UMPress, 2004)

Muhaimin, dkk. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004

Lexy J. Meleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (edisi revisi) (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005)

Suprayogo,Imam, Metodologi Penelitian Sosial-Agama (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2001)

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendekatan dengan Pendekatan Baru, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010)

Syaikh Abdul Aziz Bin Baz Rahimahullah, Keutamaan Menghafal Al-Qur’an, Penterjemah: Muhammad Iqbal A.Ghazali, (Islam Ghoz.com 2010).

Totok Jumantoro dan Samsul Munir Amin, Kamus Ilmu Tasawuf, (Jakarta: Amzah, 2012)




DOI: http://dx.doi.org/10.19105/islamuna.v5i2.2101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




                                     
 

Islamuna: Jurnal Studi Islam
ISSN: 2407-411X (p); 2443-3535 (e)
Pascasarjana
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura
Pamekasan Indonesia
 
Creative Commons License
All publications by Islamuna: Jurnal Studi Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License