ADAB PERGAULAN DALAM PERSPEKTIF AL-GHAZÂLÎ: Studi Kitab Bidâyat al-Hidâyah

Muhamad Arif

Abstract


Adab plays an important role in human life, especially in socializing with the community, because today many people forget about adab, such as adab of children to parents, adab of students to teachers, and adab to friends. This research was carried out because the crisis of adab was increasingly exposed in the community. This research is based on al-Ghazâlî’s Bidâyat al-Hidâyah, a book on ethics and morals. This study uses a literature study with Bidâyat al-Hidâyah as a primary source and other literature as a secondary source. The conclusion of the study is the style in the perspective of al-Ghazâlî in the Bidâyat al-Hidâyah more comprehensively than other scholars, which includes adab in carrying out daily activities, ways to leave immorality, and adab to fellow humans, so that it is suitable for daily life as a solution facing a crisis of adab that is increasingly prevalent today.

[Adab berperan penting dalam kehidupan manusia, terutama dalam pergaulan di tengah-tengah masyarakat, karena saat ini banyak manusia yang melupakan adab, seperti adab anak kepada orang tua, adab murid kepada guru, dan adab kepada teman. Penelitian ini dilakukan karena krisis adab semakin menguak di tengah masyarakat. Penelitian ini berdasarkan pada Bidâyat al-Hidâyah karya al-Ghazâlî, sebuah kitab tentang etika dan akhlak. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan Bidâyat al-Hidâyah sebagai sumber primer dan literatur lain sebagai sumber sekunder. Kesimpulan penelitian adalah corak dalam perspektif al-Ghazâlî dalam Bidâyat al-Hidâyah lebih komprehensif daripada ulama lain, yang meliputi adab dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari, cara meninggalkan maksiat, dan adab kepada sesama manusia, sehingga cocok untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai salah satu solusi menghadapi krisis adab yang kian marak dewasa ini]


Keywords


Adab; human being; al-Ghazâlî; Bidâyat al-Hidâyah

Full Text:

PDF

References


Aghla, Ummi. 2004. Mengakrabkan Anak Pada Ibadah. Jakarta: Almahira.

Ali, Muhammad. 1987. Penelitian Pendidikan: Pendidikan dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Arif, Muhamad. 2018. “Konsep Pendidikan Akhlak dalam Kitab Akhlak Lil Banin Karya Umar Ibnu Ahmad Barjah.” Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan, 2 (2): 401–13.

Assirri, Muhammad. 2018. “Konsep Pendidikan Adab Al-Bukhori dalam Kitab Al-Adab Al-Mufrod serta Implementasinya di dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam Tingkat SMP.” PROSIDING SNTP 1.

Azzam, Ummu Abdillah. 2007. Jilbab Itu Keren Karena Jilbab Itu Membuat Hidupmu Lebih Muda. Jakarta: Mirqat Publising Group.

Drisco, James W, and Tina Maschi. 2016. Content Analysis. United States of America: Oxford University Press.

Ghazâlî, Abû Hâmid (al-). 1998. Bidâyat al-Hidâyah. Beirut: Dâr al-Kutub.

Gerungan, W. A. 2010. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama, 2010.

Handrini, Ninik. 2015. Cantik Itu Sederhana. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.

Haris, Abd. 2010. Etika Hamka Konstruksi Etik Berbasis Rasional-Religius. Yogyakarta: LKIS Printing Cemerlang.

Harun, Irhayati. 2013. Sukses Mendidik Anak dengan Qolbu. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer.

Hasmand, Fedrian. 2015. Terjemah Minhajul Muslim/Abu Bakar Jabir Al-Jaziri. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar.

Hawassy, Ahmad. 2018. Kajian Akhlak dalam Bingkai Aswaja. Jakarta: Genggam Book e-publiser.

Herimanto, Herimanto, dan Winarto Winarto. 2013. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Himawijaya. 2004. Mengenal Al-Ghazali For Teens: Keraguan Adalah Awal Keyakinan. Yogyakarta: DARI Mizan.

Inglis, Fred, (ed.). 2004. Education and the Good Society. Houndmills, Basingstoke, Hampshire ; New York: Palgrave Macmillan.

Jayana, Thoriq Aziz. 2018. Adab dan Doa Sehari-hari Untuk Muslim Sejati. Jakarta: PT. Elex Media Kompurindo.

Machsun, Toha. 2016. “Pendidikan Adab, Kunci Sukses Pendidikan.” EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 6 (2): 102–113.

Maya, Rahendra. 2017. “Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syafi’i.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6 (2): 33.

Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Nafi, Muhammad. 2017. Pendidikan dalam Konsepsi Imam Al-Ghazali. Yogyakarta: Deepublish.

Noer, Muhammad Ali, dan Azin Sarumpaet. 2017. “Konsep Adab Peserta Didik dalam Pembelajaran Menurut Az-Zarnuji dan Implikasinya terhadap Pendidikan Karakter di Indonesia.” Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 14 (2): 181–208.

Nurdin, Indra Fajar. 2015. “Perbandingan Konsep Adab Menurut Ibn Hajar Al-’Asqalany dengan Konsep Pendidikan Karakter di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Islam, 4 (1): 159. https://doi.org/10.14421/jpi.2015.41.159-187.

Shodiq, Ahmad. 2018. Prophetic Character Buliding Tema Pokok Pendidikan Akhlak Menurut A-Ghazali. Jakarta: Kencana.

Syuhud, Fatih. 2012. Menuju Kebangkitan Islam dengan Pendidikan. Surabaya: Pustaka Al Khoirot.

Yusof, Azmin, dan Muhamad Ismail Abdullah. 2017. “Adab Unggul Islam dalam Persahabatan Antara Insan.” Attarbawiy: Malaysian Online Journal of Education, 1 (2): 102–12.

Zam-zam, Ahmad Fahmi. 1995. Terjemah Kitab Bidayatul Hidayah. Derang: Khazanah Banjariah.




DOI: http://dx.doi.org/10.19105/islamuna.v6i1.2246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


                                        
 

Islamuna: Jurnal Studi Islam
ISSN: 2407-411X (p); 2443-3535 (e)
Pascasarjana
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura
Pamekasan Indonesia
 
Creative Commons License
All publications by Islamuna: Jurnal Studi Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License