AKTUALISASI AKHLAK DALAM PENDIDIKAN

Subahri Subahri

Abstract


akhlak adalah sifat yang melekat pada diri seseorang dan menjadi identitasnya. Akhlak mulia merupakan fondasi utama da-lam pembentukan pribadi muslim paripurna. Guna terbentuknya pribadi yang beraklak mulia, sangat penting dilakukan usaha sejak dini penanaman nilai-nilai akhlak mulia, di antaranya melalui dunia pendidikan. Usaha aktualisasi nilai-nilai akhlak memerlukan proses yang lama, agar penanaman tersebut bukan sekedar formalitas namun telah masuk dalam tataran praktis. Namun, tidak mudah me-nanamkan akhlak yang baik melalui pendidikan. Ada sejumlah problem yang dihadapi, yaitu keteladanan guru (pendidik) yang kurang; suasana sekolah yang tidak kondusif; sekolah kurang op-timal dalam aktualisasi akhlak; karakter siswa yang beragam yang berasal dari keluarga yang beragam pula; kurangnya komunikasi antara orang tua peserta didik dan sekolah (institusi); serta dampak negatif arus modernisasi yang kian tak terbendung.

Keywords


akhlak, Islam, etika, moral

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Yatimin. Studi Akhlak dalam Perspektif al-Quran. Jakarta:

Azmah, 2007.

al-Bukhārī. Shahīh al-Bukhāry. Kairo: Dār al-Hadīs.

Al-Ghazālī. Iẖyā’ ʹUlūm al-Dīn. Surabaya: al-Hidāyah, t.th.

Al-Halālī, „Imād. Tahdzīb al-Akhlāq li ibn Miskawaih; Dirāsāt wa

Tahqīq. Baghdād: Mansyūrat al-Jamal, tt.

Ali, Mohammad Daud. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers,

Ali, Zainuddin. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Al-Jurjānī. al-Ta’rifāt. Maktabat al-Qur‟ān, tt.

Anwar, Rosihon. Akidah Akhlak. Bandung: Pustaka Setia, 2008.

Assegaf, Abd. Rachman. Filsafat Pendidikan Islam: Paradigma Baru

Pendidikan Hadhari berbasis Integratif-Interkonektif. Jakarta: Raja-wali Pers, 2011.

Chalik, Abd. dan Ali Hasan Siswanto. Pengantar Studi Islam. Surabaya:

Kopertais VI Press, 2013.

Daulay, Haidar Putra dan Nurgaya Pasa. Pendidikan Islam dalam

Mencerdaskan Bangsa. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.

Departemen Agama RI. al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: Al-Jumanatul „Ali, 2004.

Echols, Jhon M. dan Hassan Shadily. An English-Indonesian Dictionary.

Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2008.`

Fajri, EM Zul dan Ratu Aprilia Senja. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia.

Jakarta: Aneka Ilmu, 2008.`

Idrus, Junaidi. Rekonstruksi Pemikiran Nurcholish Madjid “Membangun

Visi dan Misi Baru Islam Indonesia. Jogjakarta: Alinea Printika,

`

Muhaimin et.al. Studi Islam dalam Ragam Dimensi dan Pendekatan.

Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2014.`

Munawwir, Ahmad Warson. Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia. Sura-baya: Pustaka Progressif, 1997.

Nata, Abuddin. Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia. Jakarta: Rajawali

Pers, 2013.

Nata, Abuddin. Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat. Jakarta: Rajawali

Pers, 2012.

Partanto, Pius A dan M. Dahlan al-Barry. Kamus Ilmiah Populer.

Surabaya: Arkola, 1994.`

Rosyadi, Khoiron. Pendidik Profetik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.`

Siwanto. Etika Profesi Guru Pendidikan Islam. Surabaya: CV. Salsabila

Pratama, 2013.

Suprayogo, Imam. Pengembangan Pendidikan Karakter. Malang: UIN-Maliki Pres, 2013.

Ulum, M. Samsul & Triyo Supriyatno. Tarbiyah Qur’aniyyah. Malang:

UIN-Malang Press, 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.19105/islamuna.v2i2.660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


                                     
 

Islamuna: Jurnal Studi Islam
ISSN: 2407-411X (p); 2443-3535 (e)
Pascasarjana
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura
Pamekasan Indonesia
 
Creative Commons License
All publications by Islamuna: Jurnal Studi Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License