KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 OMBEN SAMPANG DAN SMPN 2 PAMEKASAN

Moh Sahlan

Abstract


Artikel ini mendeskripsikan kebijakan sekolah pengem­bangan mutu PAI, khususnya di SMPN 1 Omben Sampang dan SMPN 2 Pamekasan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan studi studi kasus, diketahui bahwa pertama; Proses perumusan kebijakan sekolah dalam pengembangan mutu PAI di SMPN 1 Omben Sampang menggunakan pedekatan school based sedangkan di SMPN 2 Pamekasan menggunakan pendekatan home based, Kedua; imple­mentasi kebijakan sekolah dalam pengembangan mutu PAI baik di SMPN 1 Omben Sampang dan SMPN 2 Pamekasan sama-sama berjalan efektif, bedanya di SMPN 1 Omben dilaksanakan di luar jam efektif sedangkan di SMPN 2 Pamekasan dilaksanakan di luar dan di dalam jam efektif,  ketiga; evaluasi kebijakan sekolah dalam pengem­bangan mutu PAI di dua sekolah tersebut sama-sama dilakukan secara terus-menerus dan berkesinambungan untuk menjamin mutu PAI.


Keywords


: kebijakan, mutu, Pendidikan Agama Islam, school base.

Full Text:

PDF

References


Abu Dāud, Sunān Ᾱb̄ī Dāud “Tahqīq Izzat Ubaid al-Da’as dan Adila al-Said”, juz 1. Beirut : Dar Ibn Hazam, 1998.

Ahmad Mudzakir dan Joko Sutrisno, Psikologi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia, 1997.

Ali Imron, Proses Manajemen Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Budi Suhardiman, Studi Pengembangan Kepala Sekolah Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2012.

Deddy Mulyana, Metodologi Penelitian Kualitatif; Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial lainnya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Dedi Mulyasana, Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.

Lexy J. Moleong, Metodeologi Penelitian Kualitatif . Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2014.

Moh. Kasiram, Metodologi Penelitian Kualitatif-Kuantitatif. Malang: UIN-Maliki Press, 2010.

Muhammad Ali, Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 1987.

Mulyadi, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Mutu. Malang: UIN-Maliki Press, 2010.

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Nana Syaodih Sukmadinata, dkk., Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah; Konsep, Prinsip dan Instrumen. Bandung: Refika Aditama, 2006.

Nurkholis, Manajemen Berbasis Sekolah, Teori, Model dan Aplikasi. Jakarta :PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, 2003.

Oemar Hamalik, Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito, 1990.

Prim Masrokan Mutohar, Managemen Mutu Sekolah; Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam . Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Riant Nugroho, Public Policy; Diamika Kebijakan, Analisis Kebijakan, Manajemen Kebijajkan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia, 2012.

Rohiat, Manajemen Sekolah Teori Dasar dan Praktek. Bandung: Refika Aditama, 2012.

S. Nasution, Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Saifuddin Azwar, Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.19105/islamuna.v3i1.950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


                                     
 

Islamuna: Jurnal Studi Islam
ISSN: 2407-411X (p); 2443-3535 (e)
Pascasarjana
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura
Pamekasan Indonesia
 
Creative Commons License
All publications by Islamuna: Jurnal Studi Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License