TUJUAN, MATERI, DAN METODE PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF IBN KHALDŪN

Abd Mannan

Abstract


Ibn Khaldūn merupakan salah satu tokoh pemikir Islam yang memiliki pengaruh besar dalam perkembangan ilmu pe­ngetahuan. Ibn Khaldūn lebih banyak dikenal sebagai ahli sejarah dan sosial. Meskipun demikian, ia juga layak disebut sebagai tokoh pendidikan Islam. Hal ini dapat dibuktikan dalam kitab Muqad­dimah yang tidak hanya membahas kajian sejarah dan sosiologi, tetapi juga mengkaji persoal­an pendidikan. Bahkan hampir se­pertiga kitab Muqaddimah membahas tentang pendidikan. Pan­dangan Ibn Khaldūn tentang pendidikan berpijak pada konsep dan pendekatan filosofis-empiris. Melalui pendekatan ini, ia mengurai pandangannya tentang tujuan, isi, dan metode pendidikan Islam secara teoretis dan praktis.


Keywords


Pendidikan Islam, Muqaddimah, Ibn Khaldūn, Filosofis-Empiris

Full Text:

PDF

References


Alavi, Zainuddin. Pemikiran Pendidikan Islam pada Abad Klasik dan Pertengahan terj. Abuddin Nata. Bandung: Angkasa, 2003.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Bouthoul, Gaston. Teori-teori Filsafat Sosial Ibn Khaldūn, terj. Yudian W. Asmin. Yogyakarta: Titisan Ilahi Press, 1998.

Ibn Khaldūn, Abdur Raẖmān bin Muẖammad. Muqaddimah Ibn Khaldūn. Lebanon: Dar al-Kitab al-Arabi, 2012.

Khudhairi, Zainab. Filsafat Sejarah Ibnu Khaldūn, terj. Ahmad Rofi’. Bandung: Pustaka Utsmani, 1987.

Kosim, Muhammad. Pemikiran Pendidikan Islam Ibn Khaldūn; Kritis, Humanis, dan Religius. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.

Mauludi, Sahrul. Ibn Khaldūn: Perintis Kajian Ilmu Sosial Modern. Jakarta: Dian Rakyat, 2012.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008.

Muhajir, Noeng. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Raka Serasin, 1991.

Qomar, Mujamil. Epistimologi Pendidikan Islam dan Metode Rasional hingga Metode Kritik. Jakarta: Erlangga, 2005.

Ramayulis dan Samsul Nizar. Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam; Mengenal Tokoh Pendidikan di Dunia Islam dan Indonesia. Ciputat: Quantum Teaching, 2005.

Ramayulis dan Samsul Nizar. Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya. Jakarta: Kalam Mulia, 2010.

Singarimbun, Masri dan Sofian Efendi, ed. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES, 1995.

Siswanto. Pendidikan Islam dalam Perspektif Filosofis. Pamekasan: STAIN Pamekasan Press, 2009.

Sulaiman, Fatiyah Hasan. Pandangan Ibn Khaldūn tentang Ilmu dan Pendidikan terj. Herry Noer Ali. Bandung: CV. Diponegoro, 1987.

Suwito, et.al. Sejarah Sosial Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Kencana, 2005.

Yuris, Andre. Berkenalan dengan Analisis Isi (Content Analysis): https://andre¬yuris.wordpress.com, diakses 28-03-2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.19105/islamuna.v3i1.952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


                                     
 

Islamuna: Jurnal Studi Islam
ISSN: 2407-411X (p); 2443-3535 (e)
Pascasarjana
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura
Pamekasan Indonesia
 
Creative Commons License
All publications by Islamuna: Jurnal Studi Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License