Announcement

CALL FOR PAPERS

ISLAMUNA: Jurnal Studi Islam

ISLAMUNA: Jurnal Studi  Islam  mengundang para sarjana di seluruh bidang kajian studi Islam untuk menulis artikel jurnal dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Artikel harus asli, berbasis penelitian dan atau kajian aplikasi teori, serta review buku tentang masalah-masalah sosial dan budaya keislaman. Setiap naskah yang dikirim harus disertai dua surat pernyataan yang ditandatangani penulis di atas materai yang berisi: 1) surat pernyataan bahwa naskah tidak mengandung pabrikasi dan falsifikasi data, bukan merupakan hasil plagiat dan tidak mengandung unsur plagiat, tidak sedang diproses untuk diterbitkan dalam bentuk lain, dan semua nama yang tercantum dalam baris kepemilikan menjadi hak pengarang sesuai dengan Vancouver Convention on Coauthorship, dan semuanya sudah menyetujui bentuk akhir naskah yang diajukan; 2) surat pernyataan bahwa penulis menyerahkan hak copyright secara mutlak pada berkala untuk memperbanyak, menyebarluaskan, dan menjual terbitan naskahnya sebagai bagian berkala. (Surat pernyataan itu bisa diunduh di sini untuk format pdf dan di sini untuk format ms word). 
  2. Naskah yang ditulis hendaknya disertai: a) Judul (tidak lebih dari 14 kata);  b) nama penulis (tanpa gelar); c) nama lembaga penulis disertai dengan alamat lengkap, nomor telpon, dan e-mail; d) abstrak dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia yang diketik dalam satu paragrap dan panjangnya 100-150 kata; e) kata-kata kunci (keywords)maksimal 8 kata; f) pendahuluan (berisi latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penelitian); g) metode penelitian; h) hasil penelitian  dan pembahasan; i) penutup (memuat kesimpulan dan saran); dan j) daftar pustaka.
  3. Naskah review didasarkan atas telaahan buku baru yang terbit dalam tiga tahun terakhir dalam kajian sosial dan budaya keislaman atau buku lama yang keberadaan sebagai buku kunci untuk kajian sosial dan budaya keislaman. Panjang tulisan minimal 1500 kata. Rincian tentang nama pengarang buku, judul buku, tempat penerbit, nama penerbit, tahun terbitan, jumlah halaman, dan ISBN buku supaya disertakan dalam judul resensi. Contoh: Ingrid Mattson. The Story of the Quran, Its History and Plance in Muslim Life. Oxford: Blackwell Publishing, 2008. 262+10. ISBN: 9781405122580. Kupasan buku hendaklah berkisar pada a) posisi buku yang ditelaah dengan buku-buku lain yang serupa, b) kekuatan dan kelemahan isi buku, b) komentar atas gaya penulisan buku, c) tercapai atau tidaknya tujuan penulisan buku, dan d) manfaat buku pada sasaran yang dituju.
  4. Naskah artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, atau Bahasa Inggris dengan menggunakan standar penggunaan bahasa yang baik dan benar serta menggunakan format template dan gaya selingkung Jurnal ISLAMUNA (Format template bisa diunduh di sini). Naskah final dikirimkan melalui pengelolaan jurnal online kami: Open Jurnal System (OJS) di http://ejournal.stainpamekasan.ac.id/php/Islamuna. Panjang tulisan 7000-10000 kata, termasuk catatan kaki dan daftar pustaka. Pengacuan pada kepustakaan menggunakan catatan kaki dengan berpedoman pada The Chicago Manual Style 16th  (full note) seperti contoh berikut ini :

 

  1. Buku:

1)        Qâsim Amîn, Tahrîr al-Mar’ah wa al-Mar’ah al-Jadîdah (Kairo: al-Markaz al-`Arabî li al-Bahts wa al-Nasyr, 1984), 78.

2)        Rogers M. Smith, “Gender at the Margins of Contemporary Constitutional Citizenship”, dalam Gender Equality: Dimensions Of Women’s Equal Citizenship, ed.  Linda C. McClain dan Joanna L. Grossman (Cambridge: Cambridge University Press, 2009), 24

  1. Jurnal:

1)        David Sagiv, “Judge Ashmawi and Militan Islam in Egypt”, Middle Eastern Studies, Vol. 28, No. 3 (July, 1992), 86.

2)        Péter Jacsó, “Google Scholar: The Pros and the Cons,” Online Information Review 29, no. 2 (2005): 210, doi:10.1108/14684520510598066

  1. Website dan Sumber Online.

Azyumardi Azra, “Agama dan Otentisitas Islam”, Republika, 25 Oktober 2002: http://www.republika.co.id/kolomactail.asp?id=101205diktat id:16. (diakses tanggal 23 Juni 2003)

 

Daftar pustaka disusun secara alfabetis berdasarkan nama pengarangnya sebagai berikut:

  1. Buku:
    1. Amîn, Qâsim. Tahrîr al-Mar’ah wa al-Mar’ah al-Jadîdah. Kairo: al-Markaz al-`Arabî li al-Bahts wa al-Nasyr, 1984.
    2. Smith, Rogers M. “Gender at the Margins of Contemporary Constitutional Citizenship”. Gender Equality: Dimensions Of Women’s Equal Citizenship, edited by  Linda C. McClain dan Joanna L. Grossman. Cambridge: Cambridge University Press, 2009.
  2. Jurnal:

Sagiv, David. “Judge Ashmawi and Militan Islam in Egypt”. Middle Eastern Studies 28, No. 3 (July, 1992), 86.

  1. Website dan Sumber Online:

Azra, Azyumardi. “Agama dan Otentisitas Islam”, Republika, 25 Oktober 2002: http://www.republika.co.id/kolomactail.asp?id=101205diktat id:16. (diakses tanggal 23 Juni 2003)

 

Setiap artikel akan dinilai dan diseleksi oleh tim penyunting dengan melibatkan mitra bebestari berkepakaran terkait di bidangnya. Kemudian penulis akan mendapatkan informasi tentang status artikelnya, apakah diterima, diterima dengan revisi, atau ditolak. Keputusan tim penyunting tidak dapat diganggu gugat.

 

Hal-hal lain dapat ditanyakan langsung kepada redaksi ISLAMUNA, Gedung Akademik Lt. I STAIN Pamekasan Jl. Panglegur Km.04 Pamekasan, No HP: 081330999424, email: jurnalislamuna@gmail.com.

.