CHARACTER EDUCATION STRATEGY THROUGH INTEGRATED ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION IN SMPN 01 KEDUNGBANTENG PURWOKERTO

Sunhaji Sunhaji

Abstract


Artikel ini menyimpulkan bahwa nilai, sikap dan perilaku yang positif seperti jujur,
amanah,
optimistis
dan
lain-lain,
serta
menjauhi
perilaku
yang
negatif
seperti

bohong,

boros, dengki dan sebagainya merupakan bagian dari akhlak. Artinya,
nilai-nilai tersebut juga diajarkan dalam pokok bahasan akhlak yang terdapat dalam
pendidikan
agama.
Pembelajaran
tanpa
diikuti
oleh
faktor
lingkungan
yang

mendukung

tidak menjamin dapat tercapai tujuan. Faktor lingkungan sekolah
bisa berwujud budaya sekolah maupun kegiatan ekstrakurikuler sekolah. Nilainilai

moral agama terintegrasi dengan mata pelajaran lain, budaya sekolah dan
kegiatan sekolah yang mendukung akan semakin mempengaruhi akhlak atau sikap

siswa. Dengan model integrasi dengan pelajaran lain, maka siswa akan
memperoleh pengetahuan dan keterampilan secara utuh, sehingga pembelajaran
menjadi bermakna bagi siswa. Selain integrasi dengan mata pelajaran lain, pembentukan

nilai-nilai di sekolah juga sangat tergantung budaya sekolah dan
kegiatan sekolah.

Keywords


endidikan Agama Islam, nilai karakter, budaya sekolah, dan ekstrakurikuler

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.19105/karsa.v22i1.551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office:
Institut Agama Islam Negeri Madura
Jl. Raya Panglegur km. 4 Pamekasan, Jawa Timur, Indonesia. Phone: (0324) 333187 Cellphone: +6285231042871 e-mail : jurnalkarsa@gmail.com


View My Stats

KARSA: Jurnal Sosial dan Budaya Keislaman

Institut Agama Islam Negeri Madura

KARSA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed by:


Read more indexing


Copyright© KARSA: Jurnal Sosial dan Budaya Keislaman (Print ISSN 2442-3289 ; Online ISSN 2442-4285).