Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di PAUD/KB Al-Munawwarah Pamekasan

Anna Shihatul Maghfiroh, Jamiludin Usman, Luthfatun Nisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses penerapan metode bermain peran dalam kegiatan pembelajaran pada anak, (2) faktor-faktor yang mendukung dalam penerapan metode bermain peran, (3) faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam penerapan metode bermain peran. Penelitian ini berfokus pada  penerapan metode bermain peran pada perkembangan sosial emosional anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok Bermain (KB) di Sekolah Al-Munawwarah Pamekasan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kegiatan bermian peran pada KB Al-Munawwarah merupakan salah satu metode yang digunakan dalam mengembangkan aspek sosial-emosional anak dan teradapat beberapa faktor yang dapat mendukung dan menghambat proses penerapan metode bermain peran ini. Beberapa faktor pendukung diantaranya, media, kreatifitas guru, teknik mengajar, dan antusiasme anak. Sedangkan faktor pengambat meliputi, egosentrisme anak,  anak belum disiplin, anak cenderung pemalu.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dananjaya, Utomo. 2010. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa.

Fadlillah, M. Filasofa, Lilif Muallifatul Khorida. Dkk. 2014. Edutaiment Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.

Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Majid, Abdul Aziz Abdul. 2001. Mendidik Dengan Cerita. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rachmawati, Anggit. 2014. Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Di RA Nuru Ihsan Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. (Dalam Jurnal Program Studi PG PAUD Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Suriyati, Abas Yusuf, Dan Dkk. Peningkatan Sosial Emosional Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Keranjik Kecamatan Tanah Pinoh. (Dalam Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini)

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.

Wiyani, Novan Ardy. 2013. Bina Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Wiyani, Novan Ardy. 2014. Mengelola & Mengembangkan Kecerdasan Sosial & Emosi Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wiyani, Novan Ardy. & Barnawi. 2014. Format PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Yusuf LN, Syamsu. Sugandhi, Nani M. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.2978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KIDDO: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Office:
Prodi PIAUD, Institut Agama Islam Negeri Madura
Jl. Raya Panglegur KM. 4 Pamekasan, Jawa Timur, Indonesia

Contact Person:
WA: +6282115331495

E-mail:
kiddo@iainmadura.ac.id

Copyright© of KIDDO : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
(P-ISSN 2716-0572, E-ISSN 2716-1641, DOI: http://doi.org/10.19105/kiddo )

Maps : -7.197888, 113.473839