RELEVANSI PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG LINGKUNGAN DAN ETIKA LINGKUNGAN DENGAN PARTISIPASINYA DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN

Eko Ariwidodo

Abstract


Berdasarkan realitas yang sering dijumpai bahwa kehidupan masyarakat Barurambat di kabupaten Pamekasan, tentang partisipasi masyarakat dalam pemeliharaan atau pelestarian lingkungan masih tergolong rendah, tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya dan lokasi tertentu yang terlihat kotor dan kumuh. Tujuan penelitiannya yaitu untuk mengetahui: (1) hubungan antara pengetahuan tentang lingkungan hidup dengan partisipasi masyarakat Barurambat kabupaten Pamekasan dalam pelestarian lingkungan; (2) hubungan antara etika lingkungan hidup dengan partisipasi anggota masyarakat Barurambat dalam pelestarian lingkungan hidup; dan (3) hubungan antara pengetahuan tentang lingkungan dan etika lingkungan secara bersama-sama dengan partisipasinya dalam pelestarian lingkungan hidup di Barurambat kabupaten Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mencari hubungan variabel bebas terhadap variabel terikat. Sampel populasi penelitian ini adalah anggota masyarakat khususnya di wilayah Barurambat Pamekasan yang berjumlah 441 orang, dengan menggunakan teknik random sampling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan positif antara pengetahuan tentang lingkungan dengan parisipasi dalam pelestarian lingkungan dalam masyarakat Barurambat kota Pamekasan yang ditunjukkan dengan besaran korelasi antara X1 dan Y yaitu dilihat dari koefisien Beta (β), menunjukkan bahwa H1 diterima, sehingga  terdapat hubungan yang positif antara variabel pengetahuan (X1 ) dengan partisipasi (Y) secara sangat signifikan; (2) pengaruh variabel etika lingkungan di samping sangat signifikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara variable etika lingkungan (X2 ) dengan partisipasi (Y); (3) setiap kenaikan satu unit rata-rata pengetahuan dan etika lingkungan secara bersama-sama, akan diikuti kenaikan partisipasi sebesar 2.77, sehingga memiliki relevansi yang sangat signifikan.

Full Text:

pdf

References


Anshary, Saefudin. Ilmu Filsafat dan Agama. Surabaya: Bina Ilmu. 1991.

Attfied, Robin. The Ethics of the Global Environment. terjemahan Etika Lingkungan Global. Jakarta: Kreasi Wacana Opset. 2010.

Chiras, Daniel D. Environmental Science: Action for a Sustainable Future. California: The Benyamin/ Cummings Pub. 1991.

Chissholm M, Roderkek. Theory of Knowledge. New Jersey: Prentice-Hill Inc. 1989.

Davis, Keith & John W. Newstrom, Human Behavior at Work. New York: McGraw-Hill Book Company. 1992.

Delors, Jacques. Learning: The Treasure Within. UNESCO: Report to UNESCO of the Internasional Commission on Education for the Twenty-first Century. 1996.

Djaali dan Pudji Mulyono. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta : Grasindo. 2008.

Dwijoseputro, D. Ekologi Manusia dan Lingkungan. Jakarta: PT. Erlangga. 2008.

Engel, J. Ronald and Joan Gibb Engel. Ethics of Environment & Development: Global Challenge, International Response. London: Belhaven Press. 1990.

Exaltacion Ramos. Community Participation Model. Canada: International Development Research Centre. 1986.

Goldman, A. H. Moral Knowledge. Great Britain: TJ. Press Ltd. 1988.

Gottlieb, Roger ed., The Oxford Handbook of Religion and Ecology. New York: Oxford. 2006.

Gujarati. D. Essentials of Econometrics. Nzzew York: McGraw Hill. 1992.

Hadi S.P. Manusia dan Lingkungan. Semarang: Universitas Diponegoro. 2000.

Hadi, Sudharto. Aspek Sosial AMDAL. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. 2005.

Heruputri, Arimbi. Peran serta Masyarakat dalam Pengelolaan Lingkungan. Jakarta: Walhi. 1993.

Hidayati, Ummi, et. al., Pengkajian Partisipasi Masyarakat dalam Penanganan Masalah Sosial Perempuan Tindak Kekesaran. Jakarta: Departemen Sosial RI. 2005.

Johnson, David W. Human Relations and Your Career. New Jersey: Prentice-Hall, Inc. 1978.

Kadir. Statistika untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Rosemata Sampurna. 2010.

Keraf, Soni. Etika Lingkungan. Jakarta: PT. Kompas, Media Nusantara. 2006.

Koentjaningrat, Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia. 1990.

Mikkelsen, Britha. Metode Penelitian Partisipatoris & Upaya-Upaya Pemberdayaan, terjemahan Matheos Nalle. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.1999.

Murwani, Santoso. Statistika Terapan. Jakarta: PPS-UNJ. 2009.

Naess, Arne. Ecology, Community and Lifestyle. Cambridge: Cambridge University Press. 1993.

Neolaka, Amos. Kesadaran Lingkungan. Jakarta: Rineka Cipta. 2008.

Notoatmodjo, Sukidjo. Ilmu Kesehatan Masyarakat, Prinsip-Prinsip Dasar. Jakarta: Rineka Cipta. 1997.

Paul, Richard W. & Linda Elder, Critical Thinking Tools for Taking Charge of Your Professional and Personal Life. New Jersey: Pearson Education, Inc. 2002.

Pierce, Jon L. & Donald G. Gardner. Management and Organizational Behavior: An Integrated Perspective. South Westerm: Thomson Learning. 2002.

Reichenbach, Bruce R. Introduction to Critical Thinking. New York: McGraw-Hill Companies, Inc. 2001.

Reigelath, Charles M. et al., Intructional Theories in Action, Lesson Illustrating Selected Theories and Models. Hill State, New Jersey: Lawrence Erbaum Asociaties, Publisher. 1987.

Rubai, Harijah. Wahai Generasi Muda Apakah Tugasmu. Jakarta: Balai Pustaka. 1995.

Sastrawijaya, A. Tresna. Pencemaran Lingkungan. Jakarta: Rineka Cipta. 2009.

Sekjen Depdiknas. UU Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Sekjen Depdiknas. 2003.

Schweitzer, Albert. The Ethics of Reverence For Live. Princeton: Princeton University Press. 1986.

Siagian, Sontang P. Organisasi Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi. Jakarta: Bina Aksara. 1998.

Singarimbun, Masri. Tipe Metode dan Penelitian, Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES. 1982.

Soerjani, Moh. et al., Lingkungan: Sumber Daya Alam dan Kependudukan dalam Pembangunan. Jakarta: Universitas Indonesia. 2008.

Sontang Malik, dan Karden E. Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta: PT. Djambatan. 2009.

Sudarminta, J. Filsafat Organisasi dan Etika Lingkungan Hidup. Jakarta: STIF Driyarkara. 1993.

Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.Bandung: Alfabeta. 2009.

Sunu, Pramudya. Melindungi Lingkungan dengan Menerapkan ISO 1400. Jakarta: Djambatan: Grasindo. 2001.

Supardi, Imam. Lingkungan Hidup dan Kelestariannya. Bandung: Alumni. 1994.

Suriasumantri, Jujun S. Filsafat Ilmu sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan. 1993.

Suseno, Franz Magnis. Etika Dasar: Masalah-Masalah Pokok Filsafat Moral. Yogyakarta: Kanisius. 1987.

Syamsi, Ibnu. Pokok-Pokok Kebijaksanaan, Perencanaan, Pemograman, dan Penganggaran Pembangunan Tingkat Nasional dan Regional. Jakarta: CV Rajawali. 2005.

Tilaar, H. AR. Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Era Globalisasi. Jakarta: PT. Grasindo. 1997.

Winkel, W.S, Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia. 1991.

Yeung, Y. M. & T.G. McGee, Participatory Urban Service In Asia. Canada: International Development Research Centre. 1986.




DOI: http://dx.doi.org/10.19105/nuansa.v11i1.179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Lisensi Creative Commons
Nuansa: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam is published by Research Institute and Community Engagement of IAIN Madura and distributed under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.
Based on the creation http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/nuansa/index


View My Stats
Free counters!


Indexed by: