Kepemimpinan dalam Pembelajaran Integratif Pada Madrasah Berbasis Pesantren di Kabupaten Jember

Imron Fauzi

Abstract


Keberhasilan madrasah tidak dapat dilepaskan dari peran kepala madrasah sebagai pemimpin pembelajaran, karena kepala madrasah memiliki pengaruh terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di madrasah. Keunikan yang ditemukan pada pemimpin di pesantren Nurul Islam 1 Jember dan pesantren Al-Qodiri 1 Jember yang telah berinisiatif untuk mengembangkan sistem pembelajaran integratif pada lembaga madrasah formal yang dinaunginya secara lebih kreatif, inovatif, dan kompetitif. Penelitian ini dirancang dengan metode kualitatif. Penentuan informan yang dipilih dengan teknik purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumenter. Prosedur analisis data melalui tahapan data condensation, data display, dan conclusion drawing. Sedangkan keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini yakni pemimpin madrasah di pesantren Nurul Islam 1 Jember dan Al-Qodiri 1 Jember telah mengembangkan pembelajaran integratif yang memadukan antara kurikulum nasional dan kurikulum lokal pesantren; antara kegiatan pembelajaran di madrasah dan di pesantren; antara pembelajaran Kitab Kuning dan mata pelajaran umum, serta antara proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Temuan penelitian ini menunjukkan model pembelajaran di madrasah bersifat integratif delegatif berbasis pesantren.

(Madrasah's success cannot be separated from the role of headmaster as a learning leader, because of the headmaster influences on improving the quality of learning in the madrasah. The uniqueness of leaders in Pesantren Nurul Islam 1 Jember and Pesantren Al-Qodiri 1 Jember who have developed an integrative learning system at formal educational institutions in a creative, innovative, and competitive manner. This research used a qualitative method. The determination of informants used by the purposive technique. Data collection techniques used in this study used interview, observation, and documentary method. Several activities in data analysis were: data condensation, data display, and conclusion drawing or verifications. Data validation uses source triangulation and method triangulation. This study shows leaders at Pesantren Nurul Islam 1 Jember and Pesantren Al-Qodiri 1 Jember have developed integrative learning that combines the national curriculum and local curriculum of pesantren; between learning in madrasah and pesantren; between learning the Kitab Kuning and general subjects, and between planning, implementing, and evaluating learning. The novelty of this research is the integrative learning based on pesantren in madrasah).


Keywords


Kepemimpinan; Pembelajaran Integratif; Madrasah Berbasis Pesantren;

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Nuriman, “Analisis Pengaruh Iklim Lingkungan terhadap Motivasi Belajar Santri Dayah Berbasis Long Life Learning di Aceh”, Jurnal Pencerahan, 8, no. 2, (2014), DOI: https://doi.org/10.13170/jp.8.2.2160

Affan, “Tafaqquh fî al-Dîn dan Human Resources Pesantren”, ISLAMUNA: Jurnal Studi Islam, 3 no. 2 (2016), DOI: http://dx.doi.org/10.19105/islamuna.v3i2.1154

Arifin, Imron, Penelitian Kualitatif dalam Ilmu-Ilmu Sosial dan Keagamaan, Malang: Kalimasahada Press, 1996

Bawani, Imam, Tradisionalisme dalam Pendidikan Islam, Surabaya: al-Ikhlas, 1998

Bogdan, Robert C. and Sari Knopp Biklen, Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods, London: Allyn and Bacon Inc, 1992

Carolina, Eka Septiarini, “Are Islamic Boarding Schools Ready? The Use of the Computer-Based Test in the National Exam Policy for English Subject” TA’DIB: Journal of Islamic Education, 22, no. 2, (2017), http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tadib

Danial, Muljono Damopoli, dan St. Syamsudduha, “Hubungan Antara Iklim dan Budaya Madrasah dengan Motivasi Kerja Guru pada Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai”, Jurnal Manajemen Pendidikan, 14, no. 1, (2019), DOI: 10.23917/mp.v14i1.8357

Daresh, John C., Playko, and Marshal A. Supervision as a Proactive Process, USA: Waveland Press, 1995

Fatmawati, Erma, “Integration of Islamic Boarding School and University: Typology Study and Curriculum of University Student Islamic Boarding School” International Journal of Management and Administrative Sciences (IJMAS), 5, no. 10, (2018), https://www.ijmas.org/vol-5-no-10-2018

Hallinger and Murphy, “Instructional Leadership of School Principals”, in The Elementary School Journal, 86, no 2, 1985

Indra, Hasbi, “Salafiyah Curriculum at Islamic Boarding School in the Globalization Era,” TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 4, no. 1 (2017), DOI: http://dx.doi.org/10.15408/tjems.v4i1.4960

Jacobs dan Jecques, Militery Executive Leadership, New York: K.E. Clark, 1990

Karimah, Ummah, “Pengaruh Iklim Pondok Pesantren Terhadap Kecerdasan Adversitas Santri”, Jurnal Fokus Konseling, 3, No. 2 (2017), DOI: https://doi.org/10.26638/jfk.393.2099

Listyasari, Endah, “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri se-Kota Tasikmalaya”, Journal of SPORT, 1 no. 1 (2016), http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sport

Masduqi, “Deradikalisasi Pendidikan Islam Berbasis Khazanah Pesantren”. Jurnal Pendidikan Islam, 2, no. 1, (2013), DOI: http://dx.doi.org/10.14421/jpi.2013.21.1-20

Miles, Metthew B., A. Michael Huberman and Johnny Saldana, Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, USA: Sage Publications, Inc., 2014

Muhadjir, Noeng, Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Sarasin, 1993

Nasution, Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Bandung: Tarsito, 2003

Noorhaidi, “The Failure of the Transnational Campaign Wahhabi Islam and the Salafi Madrasa in Post-9/11 Indonesia”. South East Asia Research, 18 no. 4, (2010), DOI: doi.org/10.5367/sear.2010.0015

Othman, Azam dan Ali Masum, “Professional Development and Teacher Self-Efficacy: Learning from Indonesian Modern Islamic Boarding Schools” Educational Process: International Journal, 6, no. 2, (2017), DOI: 10.22521/edupij.2017.62.1

Rofiatun dan Mohammad Thoha, “Manajemen Pembinaan Kedisiplinan Santri dalam Mengikuti Kegiatan Keagamaan di Pondok Pesantren Nurus Shibyan Ambat Tlanakan Pamekasan”, re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management), 2, no. 2 (2019), DOI: 10.19105/re-jiem.v2i2.2937

Rohmat, “Pendidikan Pesantren Salaf (Telaah Nilai-Nilai Humanis-Religius)”, Jurnal Tawadhu, 3 no. 2, (2019), ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD

Sari, Eliana, “The Role Of Environmental Management Education in Islamic Boarding Schools in Preventing the Radicalism of Students In Indonesia,” International Journal of Education and Research, 4, no. 7, (2016), https://www.ijern.com/July-2016.php

Saripudin, “Pengaruh Kepemimpinan Kepala, Kinerja Guru, dan Budaya Madrasah terhadap Kepuasan Siswa dan Dampaknya pada Prestasi”, Jurnal Administrasi Pendidikan, 21, no 1 (2014), DOI: https://doi.org/10.17509/jap.v21i1.6657

Sergiovanni, T.J. The Principalship: Reflective Practice Perspective, Boston: Allynand Bacon, 1991

Sholihah, “Peran ICT dalam Modernisasi Pendidikan Pondok Pesantren,” CENDIKIA: Journal of Education & Society, 10, no. 1, (2012), DOI: https://doi.org/10.21154/cendekia.v10i1.399

Siswanto, “Desain Mutu Pendidikan Pesantren”, KARSA: Jurnal Sosial dan Budaya Keislaman, 23, no. 2, (2015), DOI: 10.19105/karsa.v23i2.726

Sucipno, Rambat Nur Sasongko, dan Zakaria, “Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMP”, Jurnal Manajer Pendidikan, 11, no. 1 (2017), http://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan

Suharto, Babun, “Islam Profetik (Misi Profetis Pesantren sebagai Sumber Daya Ummat)”, TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 14, No. 1, (2019), DOI: 10.19105/tjpi.v14i1.2409

Suranto, AW. Komunnikasi Interpersonal, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011

Suryani, Aunurrahman, Usman Radiana, “Pengaruh Iklim Organisasi dan Supervisi Akademik Kepala Madrasah terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di Madrasah Ibtidaiyah”, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7, no 1 (2018), http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb

Tim Redaksi, “Profil MA Al-Qodiri 1 Jember” http://maalqodiri1jember.sch.id/profil/, diakses 20 Oktober, 2018

Tim Redaksi, “Sejarah MA Unggulan Nuris Jember” http://pesantrennuris.net/sejarah-ma-unggulan-nuris-jember/, diakses 03 September, 2018

Tonta, Norma, Arifuddin Siraj, dan Muhammad Yaumi, “Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas dalam Pembinaan Guru PAI pada Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Nurul Falah”, Jurnal Manajemen Pendidikan, 14, no. 1 (2019), DOI: 10.23917/mp.v14i1.8523

Tutriyanti, Dwi Halima, “Pengaruh Iklim Sekolah dan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar”, Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), 9, no 2 (2015), http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI

Wahyudi, Ahmad, Sabar Narimo, Wafroturohmah, “Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa” Jurnal Varidika, 31, no. 2, (2019), DOI: 10.23917/varidika.v31vi2i.10218

Wahyudi, Imam, Pengembangan Pendidikan; Strategi Inovatif dan Kreatif dalam Mengelola Pendidikan Secara Komphrehensif, Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2012

Wardani, Dewi Kusuma dan Mintasih Indriayu, “Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN”, Prosiding Seminar Nasional, 9 Mei 2015, eprints.uny.ac.id/21973

Yin, Robert K., Studi Kasus Desain dan Methode, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002




DOI: http://dx.doi.org/10.19105/nuansa.v17i1.2856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Lisensi Creative Commons
Nuansa: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam is published by Research Institute and Community Service of IAIN Madura and distributed under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.
Based on the creation http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/nuansa/index


View My Stats
Free counters!


Indexed by: