PROGRAM DINI PENEGAKAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI

Nashar Nashar

Abstract


Dari asumsi bahwa kinerja pegawai dipengaruhi oleh kesejahteraan, sanksi dan teladan pimpinan. Dengan demikian program tersebut dipengaruhi oleh ketiga faktor tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kesejahteraan, sanksi, dan teladan pimpinan secara bersama-sama terhadap kedisiplinan kerja pegawai STAIN Pamekasan dan untuk mengetahui faktor yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kedisiplinan kerja pegawai STAIN Pamekasan.

Dalam penelitian ini digunakan metode interview, kuesioner serta metode observasi dari populasi 47 orang pegawai yang berada di STAIN Pamekasan, sedangkan yang dianalisis 39 responden, variabel yang di analisis adalah dua deminsi yaitu variabel bebas kesejahteraan, sanksi dan teladan pimpinan dan variabel bebasnya adalah kedisiplinan kerja pegawai STAIN Pamekasan.

Analisis yang digunakan untuk menjawab permasalahan penelitian ini, selain menggunakan tabel distribusi frekuensi untuk mengidentifikasi faktor kesejahteraan, sanksi dan teladan pimpinan juga menggunakan analisa korelasi dan regresi linier berganda untuk melihat hubungan dan pengaruh ketiga faktor tersebut terhadap kedisiplinan kerja pegawai STAIN Pamekasan.

Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut : secara parsial atau secara individu faktor kesejahteraan (X1) nilainya 8,394, sanksi nilainya (X2) sebesar 5,522, teladan pimpinan (X3) sebesar 9,699, jadi yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kedisiplinan kerja adalah (X3) terhadap teladan pimpinan, ketiga faktor tersebut secara simultan atau keseluruhan variabel bebas terhadap variabel terikat amat signifikan sekali karena nilai r hitung > F tabel dengan nilai 80,423 > 2.91, sedangkan dalam uji determinasi R-squared yaitu 0.899637 jadi pengaruh ketiga variabel bebas tersebut sebesar 89.9637% sedangkan 10.0363% dipengaruhi faktor lain yang tidak dimasukan dalam analisa penelitian ini.

Pengaruh dari masing-masing faktor kesejahteraan, sanksi, dan teladan pimpinan terhadap kedisiplinan kerja pegawai STAIN Pamekasan dapat dikatakan sangat baik dan untuk itu perlu dipertahankan bahkan lebih ditingkatkan lagi, karena pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas kerja pegawai.


Full Text:

Untitled

References


Abdurrachman Arifin, 1979, Human Relation Untuk Manajement, Teori dan Praktek, Jakarta.

----------, 1988, Ensiklopedi Nasional Indonesia, Cetakan Pertama, PT. Adi Cipta Pustaka, Bandung.

H. Nainggolan, 1984, Pembinaan Pegawai Negeri Sipil, Cetakan Ketujuh, Jakarta.

Hamalik, Oemar, 1993, Psikologi Manajemen, Edisi Revisi, Trigenda Karya, Bandung.

Handoko, T. Hani, 1984, Manajemen, Edisi Revisi, BPFE, Yogyakarta.

Hartanto, Frans Mardi, 1987, Kepatuhan, Inovasi, dan Kreatifitas, Jurnal Teknik dan Manajemen Industri, ITB, Bandung.

Hasibuan, Malayu S.P., 1994, Manajemen Sumber Daya Manusia, Dasar Dan Kunci Keberhasilan, Cetakan Keenam, CV. Haji Masagung, Jakarta.

Koontz, Harold, and Heinz Weihrich, 1990, Essential of Management, Internastional Edition, McGraw-Hill book Co., Singapore.

Kossen, Stan, 1986, Aspek Manusia Dalam Organisasi, Terjemahan, Edisi Ketiga, Erlangga, Jakarta.

Manullang, M., 1981, Manajemen Personalia, Rineka Cipta, Jakarta.

Matutina, Domi C., dkk., Manajemen Personalia, Edisi Revisi, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Mursinto, Djoko, 1993, Penentuan Model Dalam Penelitian, Bahan Kuliah, Program Magister Manajemen Universitas Airlangga, Surabaya.

Nitisemito, Alex S., 1992, Manajemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manusia), Edisi Revisi, Cetakan Kedelapan, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Parkinson, C. Northcote, MK. Rustomdji, dan SA Sapre, 1989: di Tempat Kerja, Terjemahan Cetak Pertama, Bina Rupa Aksara, Jakarta.

Ranupandojo, Heidjarachman dan Husnan, Suad, 1993, Manajemen Personalia, Edisi 4, Cetakan Ketiga, BPFE, Yokyakarta.

Siagian, Sondang P., 1994., Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Ketiga, Bumi Aksara, Jakarta

Silalahi, bennet N.B., 1983, Perencanaan Dan Pembinaan Tenaga Kerja, Seri Manajemen, Pustaka Binama Pressindo, Jakarta.

Werther, William, B. and Keith Davis, 1993, Human Resources And Personnel Management, Fourth Edition, McGraw-Hill, Singapore.




DOI: http://dx.doi.org/10.19105/nuansa.v12i1.696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Lisensi Creative Commons
Nuansa: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam is published by Research Institute and Community Engagement of IAIN Madura and distributed under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.
Based on the creation http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/nuansa/index


View My Stats
Free counters!


Indexed by: