PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH

Mohammad Thoha

Abstract


Pembelajaran Bahasa Arab dengan segala problematikanya menuntut adanya variasi model dan pendekatan yang harus dilakukan oleh para pengajar. Kesenjangan kompetensi awal antara masing-masing peserta didik dalam satu rombongan belajar serta latar belakang pendidikan mereka yang beragam pula memberikan kontribusi permasalahan tersendiri bagi pengajar bahasa asing ini. Dengan mencoba mencari korelasi antara kompetensi dasar Bahasa Arab yang dimiliki peserta didik sebelumnya dengan kondisi riil satuan pendidikan yang bersangkutan, tulisan ini mencoba mencarikan titik temu antara model pembelajaran Bahasa Arab dengan Manajemen Berbasis Sekolah. Pembelajaran keterampilan-keterampilan dasar bahasa yang meliputi mendengar (istima’), berbicara (kalam), membaca (qira’ah) dan menulis (kitabah) dilakukan dengan memperhatikan tingkat penguasaan atau kompetensi awal peserta didik. Demikian pula pemilihan materi dan sarana pembelajaran serta minat dan kesenangan peserta didik menjadi pertimbangan utama bagi pendidik dalam menjalankan pembelajaran dengan pendekatan Manajaemen Berbasis Sekolah ini.

Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.19105/ojbs.v6i1.420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 OKARA

 



View My StatsFree counters!
 
  


Creative Commons License
OKARA: Jurnal Bahasa dan Sastra is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at Rumah Jurnal IAIN Madura