Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini di Sekolah Alam Exelentia Pamekasan Madura

Eva Nikmatul Rabbiyanti

Abstract


Abstrak:
Penelitian ini ingin mengetahui pola pembelajaran Bahasa Inggris Pada Usia
Dini di Sekolah Alam Excelentia Pamekasan Madura, termasuk kelebihan,
dan kelemahannya. Hasilnya menunjukkan bahwa proses pembelajaran bahasa
inggris di PAUD SAE Pamekasan menggunakan dua pola pembelajaran yaitu:
1) Bahasa Inggris sebagai media/materi pembelajaran dengan menggunakan
aktivitas Indoor maupun outdoor, seperti: songs, story tellings, project, question
and answer, games, brainstorming, group discussion, dengan pendekatan
natural approach, total physical response, audio lingual method. Aktivitas
pembelajaran tersebut dibantu dengan media flashcards, realia, audio visual,
worksheet dan lain lain. 2) Bahasa Inggris sebagai media instruksi dalam
semua mata pelajaran dan aktivitas yang dilakukan sehari-hari di SAE
Pamekasan. Kelebihan Pembelajaran Bahasa Inggris di PAUD SAE
Pamekasan adalah: a) Situasi dan lingkungan belajar yang menyenangkan, b)
Fasilitator yang memiliki keterampilan cukup baik, c) Jumlah peserta didik
yang terbatas/kelas kecil, d) Lengkapnya sarana dan prasarana yang
mendukung pembelajaran, e) Materi yang menyenangkan dan mudah
dipahami, f) Tidak ada pekerjaan rumah, g) Peran serta orang tua dalam
proses pembelajaran bahasa Inggris yang cukup baik. Kelemahannya adalah: a)
Penggunaan Bahasa Ibu (bahasa Indonesia) sebagai bahasa pengantar dalam
proses pembelajaran, b) Pronunciation fasilitator yang terkadang tidak sesuai
dengan ejaan dan pelafalan yang benar, c) Pencampuran jenjang pendidikan
dalam satu lokasi pembelajaran yang membuat sesama siswa saling
mengganggu konsentrasi.


Keywords


Pembelajaran Bahasa Inggris, Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Alam

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. 2012. Perkembangan

anak Usia Dini. Jakarta: Prenada

Media Grup

Best, J.W. 1981. Research in Education.

Fourth Edition. Englewood-Cliff,

New Jersey: Prentice- Hall Inc.

Brown, H.D. 2001. Teaching by

Principles: an Interactive

Approach to Language

Pedagogy. Second Edition. White

Plains, NY: Pearson Education.

Ellis, R. 1994. The Study of Second

Language Acquisition. Walton

Street, Oxford: Oxford University

Press.

Hermawan Warsito. 1993. Pengantar

Metodologi Penelitian. Jakarta:

Gramedia Pustaka Utama

H.E Mulyasa. 2013. Pengembangan dan

Implementasi Kurikulum 2013.

Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Jayne Moon. -. Children Learning

English. The Teacher

Developtment Series: MacMillain

Judie Haynes. 2007. Getting Started

with English Language Learners.

USA: ASCD

Kasihani e Suyanto. 2010. English For

Young Learners. Jakarta: Bumi

Aksara

Lexy j. Moleong. 2011. Metodologi

Penelitian Kualitatif (edisi Revisi).

Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Lightbown, D.M. & Spada, N. 1999. How

Language Are Learned. Oxford:

University Press.

Muhammad Fadlillah. 2012. Desain

Pembelajaran PAUD. Jogjakarta:

Ar Ruzz Media

Novan Ardy Wiyani & Barnawi. 2012.

Format PAUD. Jogjakarta: ArRuzz

Media

Nunan, D. 1991. Language Teaching

Methodology. A textbook for

Teachers. Maryland Avenue:

Prentice Hall International Ltd.

Nunan, D. 1999. Second Language

Teaching & Learning. Boston,

Mass: Heinle & Heinle

Publishers.

Pica, T., Barnes, G.A., & Finger,

A.G.1990. Teaching Matters:

Skills and Strategies for

International Teaching

Assistants. New York: Harper &

Row, Inc.

Richards, J.C. & Rodgers, T.S. 1986.

Approaches Methods in

Language Teaching: A

Description and Analysis.

Cambridge: Cambridge

University Press.

Richards, J.C. & Renandya, W. A. 2002.

Methodology in Language

Teaching. An Anthology of

Current Practice. Cambridge:

Cambridge University Press.

Richards, J. C. 2001. Curriculum

Development In Language

Teaching. Cambridge:

Cambridge University Press.

Ryan, K & Cooper, J.M. 1984. Those

Who Can, Teach Boston:

Houghton Mifflin Company.

R. Semiawan. 2008. Belajar dan

Pembelajaran Pra sekolah dan

Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Suharsimi Arikunto. 2005. Manajemen

Penelitian. Jakarta: PT Rineka

Cipta

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur

Penelitian suatu pendekatan

praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Wendy A Scott & Lisbeth H Yterberg.-.

Teaching Englis to Children. New

York: Longman.

http://lifesupportalchemist.wordpress.co

m/pengertian-pendidikan-danbelajar/fenomena-sekolah-alamdan-teori-paulo-freire/

http://perpustakaan.uns.ac.id/digilib.uns.

ac.id/ konsep Perencanaan dan

Perancangan Sekolah Alam/ita

Liana Sari/

http://tentangsekolahalam.wordpress.co

m/category/system-belajarmengajar-di-sekolah-alam/

http://tentangsekolahalam.wordpress.co

m/category/keunggulan-dankekurangan-sekolah-alam/




DOI: http://dx.doi.org/10.19105/ojbs.v9i1.582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 OKARA





View My StatsFree counters!
 
  


Creative Commons License
OKARA: Jurnal Bahasa dan Sastra is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at Rumah Jurnal IAIN Madura