Pelatihan Teknik Membuat Evaluasi Pembelajaran Dalam Penigkatan Profesionalisme Guru IPS MTs Wustha Dan MA Al-Ula PPS. Babus Salam Kangenan Pemekasan

Akh Syaiful Rijal

Abstract


Tulisan ini memaparkan tentang kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan macam-macam teknik evaluasi pembelajaran IPS bagi guru MTs dan MA yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dan memberikan bekal pemahaman mengenai konsep evaluasi dan penilaian kegiatan belajar-mengajar.

Permasalahan bahwa guru-guru IPS di Kabupaten Pamekasan, khususnya di MTs Wustha dan MA Al-Ula Kangenan Pamekasan, masih kurang memahami pentingnya peningkatan kualitas evaluasi dan penilaian guru diselesaikan menggunakan pendekatan workshop dengan metode ceramah dengan teknik presentasi materi karya pengembangan profesi dilanjutkan dengan diskusi, sedang masalah kemampuan mengembangkan teknik-teknik evaluasi bagi guru-guru IPS diselesaikan dengan memberikan pelatihan. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk pendidikan dan pelatihan (diklat).

Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa sebagian besar (80%) peserta pengabdian memahami konsep evaluasi, teknik-teknik pembuatan evaluasi pembelajaran dan arti penting peningkatan kualitas pengembangan  profesionalitas guru dalam peningkatan kompetensi edukatif guru.

Dari tanggapan dan pertanyaan peserta pengabdian, dalam hal ini peserta pelatihan pengembangan teknik evaluasi baik dalam pelajaran IPS maupun pelajaran lainnya bagi guru IPS maka saran  yang dapat diberikan adalah agar guru dapat mengembangkan kreativitasnya dalam mengembangkan teknik evaluasi pada pelajaran IPS dan pelajaran lainnya. Untuk selanjutnya guru meminta agar  pelatihan  serupa  dapat  dilaksanakan kembali dengan  peserta  (audien)  yang  lebih banyak/luas.

Keywords


teknik evaluasi, pembelajaran IPS, profesinalisme guru.

References


Arikunto, Suharsimi (2003). Dasar-Dasar Penilaian Pendidikan; Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara. Hamid Hasan, S. 1996. Pendidikan Ilmu Sosial. Jakarta: Depdiknas.

Pusat Kurikulum (2006). Model pengembangan silabus mata pelajaran dan rencana pelaksanaan pembelajaran IPS terpadu. Jakarta.

Rossi, P. H., & Freeman, E. Howard (1985). Evaluation Sistematic Approach. California: SAGE Publications, Inc.

Suharsimi Arikunto & Cepi Safruddin Abdul Jabar (2009). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS, konsep dan pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (2007). Panduan Penyusunan Perangkat Portofolio Sertifikasi Guru dalam Jabatan. Jakarta: Depdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Perdikan: Journal of Community Engagement

Office: 
LP2M, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura
Jl. Raya Panglegur km. 4 Pamekasan, Jawa Timur, Indonesia. 

WA: +6285231042871  e-mail : perdikan@iainmadura.ac.id