ISLAM DAN PENDIDIKAN KRITIS: Menata Ulang Islam yang Memihak

Dawiyatun Dawiyatun

Abstract


Abstrak: Islam dan pendidikan kritis merupakan satu kesatuan yang inheren. Akar kritisisme dalam Islam bersumber dari kitab suci al-Qur’an dan al-Hadis sebagai pedoman hidup dalam melaksanakan tugas utama kaum muslim, yaitu ‘abdun dan khalīfah. Ada dua jalan yang perlu ditempuh secara proporsional, yaitu jalan vertikal (hubungan manusia dengan Tuhan) dan jalan horizontal (hubungan manusia dengan sesama). Agama dalam Islam tidak hanya berkutat pada persoalan formalitas, tetapi lebih pada memaknai setiap ajaran dalam realita hidup sehari-hari. Sejalan dengan itu, pendidikan kritis yang diusung oleh Freire, selain praktik pendidikannya yang humanis, juga memberikan peluang besar dalam menumbuh-kembangkan kesadaran manusia agar lebih cerdas dan peka terhadap realitas baik individu maupun realitas sosial yang melingkupinya.

 

Kata kunci: Islam, pendidikan, dan pendidikan kritis

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Moeslim. Islam yang Memihak. Yogyakarta: LKiS, 2005.

Al-Fandi, Haryanto. Desain Pembelajaran yang Demokratis dan Humanis. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Bisri, A. Mustofa. Saleh Ritual, Saleh Sosial: Kualitas Iman, Kualitas Ibadah, dan Kualitas Akhlak Sosial. Yogyakarta: Diva Press, 2019.

Dawiyatun. “Pendidikan Transformatif: Reinterpretasi Etika Belajar Para Santri”. Jurnal Islamuna, Pascasarjana IAIN Madura, Vol. 4 No. 2 (Desember 2017).

Departemen Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an Terjemah Mushaf Aisyah. Bandung: Jabal Raudatul Jannah, 2010.

Elmubarok, Zaim. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta, 2008.

Fakih, Mansour. et.al., Pendidikan Popular: Membangun Kesadaran Kritis. Yogyakarta: ReaD, 2001.

Freire, Paulo. Pendidikan Kaum Tertindas. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia, 2008.

Freire, Paulo. Politik Pendidikan: Kebudayaan, Kekuasaan dan Pembebasan. Yogyakarta: ReaD, 2007.

Ilahi, Muhammad Takdir. Revitalisasi Pendidikan Berbasis Moral. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Karim, Muhammad. Pendidikan Kritis Transformatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2009.

Mulyana, Rohmat. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta, 2011.

Rahardjo, Mudjia. Genta Pemikiran Islam & Humaniora. Malang: UIN-Maliki Press, 2011.

Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Mishbāh. Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Susanto, Edi. et.al. Materi Pembekalan Kuliah Pengabdian kepada Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Nusantara, 2014.

Tafsir, Ahmad. Filsafat Pendidikan Islami: Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu Memanusiakan Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.

Umar, Bukhari. Hadis Tarbawi: Pendidikan dalam Perspektif Hadis. Jakarta: Amzah, 2012.

Wijars, I Ketut a & I Ketut Sudarsana. “Refleksi Kritis Ideologi Pendidikan Konservatisme dan Liberalisme Menuju Paradigma Baru Pendidikan”. Journal of Education Research and Evaluation, Vol. 1 No. 4, ( Desember, 2017).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor Office:

Kantor Informasi dan Publikasi IAIN Madura Kantor Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Gedung i Jalan Raya Panglegur KM 04 Pamekasan, Madura.

Contact Person:

Mad Sa'i

Call/WA: 082332937053 / 08175052593