Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Membaca al-Qur’an kelas VII dan VIII di SMP Negeri 1 Tlanakan Pamekasan

Mayyizi Mayyizi

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kajian pada Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa  membaca al-Qur’an, agar siswa yang kurang lancar bacaannya bisa lancar membaca al-Qur’an. Ada tiga fokus Penelitian dalam mengatasi kesulitan belajar siswa membaca al-Qur’an yaitu: pertama, kesulitan yang dihadapi siswa kelas VII dan VIII; kedua peran Guru pendidikan agam Islam dalam mengatsi kesulitan belajar membaca al-Qur’an; dan ketiga faktor pendukung dan penghambat dalam mengatasi kesulitan belajar siswa membaca al-Qur’an. Metode utama yang dikembangkan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif yang mengambil objek di SMP Negeri 1 Tlanakan Pamekasan. Metode wawancara, observasi partisipan serta dokumentasi digunakan dalam pengambilan data di lapangan. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yakni pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama kesulitan yang dihadapi siswa dalam belajar membaca al-Qur’an yaitu: a). cara pengucapan huruf masih terbata-bata b). susah dalam menentukan hukum bacaan c). pembalikan kata d). salah ucap. Kedua Peran Guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an yaitu: a). memberikan bimbingan b). memberikan motivasi dan arahan c). melakukan praktek d) membaca al-Qur’an setiap hari e) memberikan hafalan juz ammah. ketiga Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan tersebut yaitu: a). adanya al hadist dan anas al-Qur’an b). adanya buku literasi c). penunjang dari pihak sekolah yaitu siswa yang mau ngambil ijazah harus hafal juz ammah sedangkangkan faktor penghambat antara lain a). kurangnya terbiasa membaca al-Qur’an b). kurangnya kesadaran dari siswa c). kurangnya perhatian dari keluarga.

 

Kata Kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, Kesulitan Belajar membaca al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Kawuryan, Fajar. Jurnal Psikologi Pitutur, Pengaruh stimulasi Visual untuk Meningkatkan kemampuan Membaca Pada Anak Disleksia,Vol. 1, No. 1 Juni 2012.

Kosim, Mohammad. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Surabaya: IAIN SA Press, 2012.

Nurhayati, Jurnal Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an, Vol, 9, No 2, Tahun 2014.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran. Kencana: 2006.

Soyomukti, Nurani. Teori-teori Pendidikan. Jogjakarta: Ar-RUZZ Media. 2010.

Suprihatiningrum, Jamil. Guru Profesional. Jogjakarta: Ar-RUZZ Media. 2013.

--------------------------------. Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-RUZZ Media. 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor Office:

Kantor Informasi dan Publikasi IAIN Madura Kantor Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Gedung i Jalan Raya Panglegur KM 04 Pamekasan, Madura.

Contact Person:

Mad Sa'i

Call/WA: 082332937053 / 08175052593