INTERNALISASI MODERASI BERAGAMA DALAM KURIKULUM PESANTREN

Husnul Khotimah

Abstract


Abstrak:
Keragaman Indonesia menjadi kekayaan sekaligus berkah bagi bangsa Indonesia. Kemajemukan ini terlihat dari beragamnya agama yang dianut penduduknya. Salah satu agama yang diakui Pemerintah Republik Indonesia secara resmi, yaitu Islam. Agama menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, apalagi di era industry ini agama menjadi kebutuhan yang vital. Seiring dengan eksistensinya, banyak masyarakat yang terlalu fanatic dengan agama nya sendiri sehingga muncul istilah ekstremisme, radikalisme, ujaran kebencian (hate speech), yang berakibat retaknya hubungan antarumat beragama. Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam mulai terindikasi kemungkinankemungkinan munculnya paham-paham radikal (mendasar). Untuk itu, dalam membentuk santri yang moderat terhadap agamanya, perlu memasukkan moderasi beragama dalam kurikulum pesantren demi meminimalisir adanya paham yang radikal. Sehingga para santri mampu membentengi dengan upaya yang dilakukan pesantren untuk menanamkan karakter atau prinsip-prinsip cara beragama yang moderat. Maka dengan internalisasi moderasi beragama pada kurikulum pesantren mampu menjawab kebutuhan yang saat ini menjadi problematika masa kini yaitu ekstrimisme dan radikalisme.


Full Text:

PDF

References


Bawani, Imam. 2011. Pesantren Buruh Pabrik: Pemberdayaan Buruh Pabrik Berbasis Pendidikan Pesantren. Yogyakarta: LKiS Pelangi Aksara.

Haeruddin, Mamang Muhammad. 2015. Berkah Islam Indonesia. Jakarta: Elex Media Komputindo

Kementerian Agama RI. 2019. Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI

Naim, Ngainun dan Achmad Sauqi. 2011. pendidikan multicultural konsep

dan aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Qomar, Mujamil. 2002. Pesantren Dari Transformasi Metodologi Menuju

Demokratisasi Institusi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sumarto dan Harahap, Emmi Kholilah. Mengembangkan Moderasi

Pendidikan Islam Melalui Peran Pengelolaan Pondok Pesantren, RI„AYAH,

Vol. 4 No. 01 Januari-Juni 2019.

Wibowo, Thomas Gunawan. 2016. Menjadi Pendidik Kreatif. Jawa Barat: Media Maxima.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor Office:

Kantor Informasi dan Publikasi IAIN Madura Kantor Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Gedung i Jalan Raya Panglegur KM 04 Pamekasan, Madura.

Contact Person:

Mad Sa'i

Call/WA: 082332937053 / 08175052593