STRATEGI KOMPETITIF DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN

Bashori Bashori

Abstract


Maraknya pertumbuhan lembaga pendidikan dalam tahun terakhir ini menunjukkan dinamisnya perkembangan sektor pendidikan. Meningkatnya kesadaran akan pendidikan menjadi salah satu unsur yang mendorong tumbuh dan berkembangnya berbagai lembaga pendidikan. Namun demikian, kompetisi kualitas pendidikan menjadi penilaian utama dalam mengembangkan lembaga pendidikan yang semakin menjamur di lingkungan kita.  Lembaga pendidikan yang berhasil tumbuh dengan baik yaitu lembaga pendidikan yang mampu mengembangkan strategi kompetitif dengan cara melihat peluang yang ada, selain selalu melakukan pengembangan secara berkelanjutan. Dalam mencapai semua keinginan tersebut, diperlukan beberapa strategi. Keunggulan kompetitif adalah salah satu kemampuan untuk memformulasi strategi pencapaian peluang dan minat konsumen melalui maksimisasi penerimaan dari investasi yang dilakukan. Sehingga strategi kompetitif menjadi salah satu solusi utama dalam melihat persaingan lembaga pendidikan.

 

Kata Kunci: Strategi, Kompetitif, Lembaga Pendidikan


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. Pokok-Pokok Manajemen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Bahauddin, Taufik. Azaz-Azaz Manajemen. Bandung: Kaifa, 2003.

Craven, David. Pemasaran Strategis. Jakarta: Erlangga, 1998.

David, Fred David. Manajemen Strategis. Yogyakarta: Andi, 2001.

Davidson, Jeff. Change Management, terj. Dudy Priatna. Jakarta: Prenada Media, 2005.

Fathurrahman, Muhammad dan Sulistyorini. Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras, 2012.

Hidayat, Ara & Imam Machali. Pengelolaan Pendidikan Konsep, dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah. Yogyakarta: Kaukaba, 2012.

Http://www.google.com/search.doc+literatur+keunggulan kompetitif akses pada 27 maret 2017.

Hunger, David dan Thomas Wheleen. Manajemen Strategis. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2003.

Kotler dan Amstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2001.

Kurtz. Pengantar Bisnis Kontemporer. Jakarta: Salemba, 2008.

Muhammad, Suwarsono. Manajemen Strategik; Konsep dan Kasus. Yogyakarta: UPP AMP YKPN, 2004.

Muhammad, Suwarsono. Manajemen Strategik; Konsep dan Kasus. Yogyakarta: UPP AMP YKPN, 2008.

Mulyadi, Deddy. Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan Pelayanan (Bandung: Alfabeta, 2015.

Partowidagdo. Mengenal Pembangunan dan Analisis Kebijakan. Jakarta: UI, 2004.

Pearce and Robinson. Manajemen Strategi. Jakarta: Salemba, 2003.

Pearce dan Robinson. Manajemen Strategik, Formulasi, Implementasi dan Pemgendalian. Jakarta: Binarupa Aksara, 1997.

Porter, M.E. Competitive Advantage of Nations. Harvard: Business School, 2003.

Russell-Jones, Neil. The Managing Change Pocketbook. Inggris: U.K Management Pocketbooks Ltd, 2000.

Umar, Husein. Strategik Manajemen In Action. Jakarta: PT. Gramedia Pustakama, 2003.

Umar, Husein. Strategik Manajemen In Action. Jakarta: PT. Gramedia Pustakama, 2003.

Walker, Boyd dan Larreche. Manajemen Pemasaran; Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global. Jakarta: Erlangga, 2000.

Wibowo. Manajemen Perubahan. Jakarta: Rajawali, 2011.

Winardi. Manajemen Perubahan. Jakarta: Kencana, 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.19105/tjpi.v12i2.1269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments
 |  Add comment

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editor Office:
State College of Islamic Studies Pamekasan
Jl. Raya Panglegur km. 04 Pamekasan East Java. Phone. (0324)333187 fax 322551

Contact Person:
Jamiludin Usman
Call/SMS/WA: 085336521427

E-mail :
tadris.pendidikanislam@gmail.com

Map : -7.197888, 113.473839


View My Stats


Creative Commons License
TADRIS under licensed Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Flag Counter

Indexed By:



Read More Indexing


Copyright© of Tadris Jurnal Pendidikan Islam (Print ISSN 1907-672X; Online ISSN 2442-5494).