IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KURIKULUM DI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) YOGYAKARTA

Siti Zulfatun Khasanah, Zainal Arifin

Abstract


SMP Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta merupakan pioneer sekolah muhammadiyah yang melakukan inovasi pendidikan berbasis “boarding school”. Sejak berdiri tahun 2008, SMP MBS berkembang pesat dengan peserta didik maupun cabangnya di kota-kota lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Konsep MBS adalah pendidikan yang mencakup dimensi akal, hati, dan skill. (2) Pengembangan kurikulum di SMP MBS Yogyakarta, meliputi: (a) diagnosis kebutuhan peserta didik, (b) merumuskan tujuan pendidikan nasional, kurikuler, dan institusional, (c) seleksi dan organisasi isi pembelajaran mengacu KTSP, muatan nasional, dan lokal, (d) seleksi dan organisasi pengalaman belajar yang meliputi pengelolaan belajar dan ruang belajar, metode serta program kegiatan dan pengambangan diri, (e) evaluasi hasil belajar menggunakan tiga teknik, yakni tes, observasi, dan penugasan, dan (3) faktor pendukung meliputi profesionalisme kepala sekolah, waka kurikulum, guru, dan sarana prasarana yang memadai, sedangkan faktor penghambatnya adalah: terbatasnya SDM dan minimnya pengalaman guru.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Ali, Muhammad, Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi, Bandung: Angkasa. 1978.

Arifin, Zainal, Pengembangan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan Islam, Yogyakarta: DIVA Press. 2012.

------------------, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2013.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta. 2010.

Djohar,.Pengembangan pendidikan Nasional Menyongsong Masa Depan, Yogyakarta: Grafika Indah. 2006

Hadi, Sutrisno, Metode Research Jilid 1, Yogyakarta: Andi Offset. 2001.

Hamalik, Oemar, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2011.

Hamalik, Oemar, Manajemen Pengambangan Kurikulum Bandung: Remaja Rosdakarya. 2007.

Maksudin, Pendidikan Islam Alternatif: Membangun Karakter Melalui Sistem Boarding School, Yogyakarta: Uny Press. 2010.

Mulyasa, E. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah, Jakarta: PT Bumi Aksara. 2010.

PP No. 19 tahun 2005.

Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Republik Indonesia. 2003.

S. Nasution, 1994. Asas-Asas Kurikulum, Jakarta: Bumi Aksara.

Soetopo, Hendyat dan Wasty Soemanto, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum, Jakarta: Bina Aksara. 1986.

Sudjana, Nana dan Ibrahim, Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru. 1989.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung : Alfabeta, Cet. VII. 2009.

Surachmad, Winarno, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum, Jakarta: Proyek Pengadaan Buku Sekolah Pendidikan Guru. 1977.

Syaodih, Nana Sukmadinata, Pengambangan kurikulum Teori dan Praktek, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2012

Taba, Hilda, Curriculum Development Theory and Practice, New York: Harcont and .World.1962

www.muhammadiyahboarding.sch.id.




DOI: http://dx.doi.org/10.19105/tadris.v12i1.1287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment

Editor Office:
State College of Islamic Studies Pamekasan
Jl. Raya Panglegur km. 04 Pamekasan East Java. Phone. (0324)333187 fax 322551

Contact Person:
Jamiludin Usman
Call/SMS/WA: 085336521427

E-mail :
tadris.pendidikanislam@gmail.com

Map : -7.197888, 113.473839


View My Stats


Creative Commons License
TADRIS under licensed Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Flag Counter

Indexed By:



Read More Indexing


Copyright© of Tadris Jurnal Pendidikan Islam (Print ISSN 1907-672X; Online ISSN 2442-5494).