Peran Kepemimpinan Pendidikan Islam dalam Manajemen Perubahan pada Lingkungan Organisasi Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah An-Nuur, Ngangkrik Triharjo Sleman

Anaas Tri Ridlo Dina Yuliana, Subiyantoro Subiyantoro

Abstract


Peran seorang pemimpin tentu harus benar-benar memiliki kompetensi atau kemampuan yang mumpuni agar organisasi dapat berjalan secara dinamis terutama ketika terjadi perubahan lingkungan organisasi yang dapat berdampak secara langsung maupun tidak langsung terhadap organisasi itu sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang membahas tentang peran kepala madrasah dalam manajemen perubahan pada lingkungan organisasi pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah An-Nuur, Ngangkrik Triharjo Sleman, yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) masyarakat menginginkan madrasah mampu menghasilkan lulusan yang menguasai baik ilmu agama maupun ilmu umum. (2) Kepala madrasah memiliki peran sebagai Catalyst, Solution Givers, Process Helpers, dan Resources linkers. (3) Perubahan yang direncanakan oleh kepala Madrasah Ibtidaiyah An-Nuur yakni; mengenai pelaksanaan sholat dhuha dan tahfidz dilakukan diawal sebelum memasuki jam pembelajaran, adanya surat pernyataan kesanggupan orang tua siswa menjalankan tata tertib madrasah dan surat tersebut bermaterai, adanya pendamping psikologi untuk mengetahui kondisi IQ atau kecerdasan siswa dan pendamping konselor untuk mengatasi siswa yang bermasalah dalam hal moral atau kejiwaan, dan membidik siswa yang memiliki kemampuan khusus dalam mata pelajaran tertentu.

Kata Kunci: Kepala Madrasah, Manajemen Perubahan, Organisasi Pendidikan


Full Text:

PDF

References


Hasil wawancara dengan Bapak Isro’i Eko Wibowo S.Pd,I selaku Kepala Madrasah Ibtidaiyah An-Nuur, pada tanggal 21 April 2017.

Hasil wawancara dengan Ibu Dwi Sufiyati, S.Pd., salah satu guru kelas Madrasah Ibtidaiyah An-Nuur, pada tanggal 21 April 2017.

Indrioko, Erwin. “Lembaga Pendidikan Islam dalam Menghadapi Derasnya Perubahan”, Jurnal An-Nuha vol.3, no.1 (Juli 2016).

Kurniadin, Didin dan Imam Machali. Manajemen Pendidikan: Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Kusumaputri, Erika Setyani. Komitmen Pada Perubahan Organisasi: Perubahan Organisasi dalam Perspektif Islam dan Psikologi. Yogyakarta: Deepublish, 2015.

Muchlas Samani dkk. Manajemen Sekolah: Panduan Praktis Pengelolaan Sekolah. Yogyakarta: Dewan Pendidikan Kota Yogyakarta, 2009.

Muhaimin. Manajemen Pendidikan: Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kencana, 2010.

Siswanto dan Agus Sucipto. Teori dan Perilaku Organisasi: Sebuah Tinjauan Integratif. Malang: UIN-Malang Press, 2008.

Sulaksana, Uyung Sulaksana. Managemen Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Usman, Husaini. Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013.

Wahab, Abdul Aziz. Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan: Telaah terhadap Organisasi dan Pengelolaan Organisasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2011.

Wahjono, Sentot Imam. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.

Winardi, J. Manajemen Perubahan (Management of Change). Jakarta: Kencana Prenada Media, 2010.

_______, Teori Organisasi dan Pengorganisasian. Jakarta: Rajawali Press, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.19105/tjpi.v12i2.1424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments
 |  Add comment

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editor Office:
State College of Islamic Studies Pamekasan
Jl. Raya Panglegur km. 04 Pamekasan East Java. Phone. (0324)333187 fax 322551

Contact Person:
Jamiludin Usman
Call/SMS/WA: 085336521427

E-mail :
tadris.pendidikanislam@gmail.com

Map : -7.197888, 113.473839


View My Stats


Creative Commons License
TADRIS under licensed Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Flag Counter

Indexed By:


 

Read More Indexing


Copyright© of Tadris Jurnal Pendidikan Islam (Print ISSN 1907-672X; Online ISSN 2442-5494 DOI: http://doi.org/10.19105/tjpi).