APLIKASI PSIKOLOGI HUMANISTIK DALAM DUNIA PENDIDIKAN DI INDONESIA (Konsep Arthur W. Combs tentang Pengembangan Potensi Anak)

H a r y u ---

Abstract


Makalah ini didasarkan pada pendekatan hermeneutik fenomenologis, meskipun eksposisinya sangat sederhana. Sejauh penulis ketahui, hingga kini sistem belajar mengajar mengalami permasalahan dalam hal penyajian terutama pada tataran praktis di lapangan. Untuk alasan itu, kajian akan mengupas secara singkat seputar psikologi humanistik sebagai psychology third force yang telah tumbuh dan berkembang sebagai reaksi sekaligus oposisi atas dua aliran psikologi sebelumnya, yaitu aliran psikoanalisa dan behaviorisme. Dalam makalah ini juga diilustrasikan mengenai pendidikan humanistik, istilah yang mengadopsi konsep-konsep psikologi humanistik dalam kepentingan proses pendidikan. Juga akan dipaparkan tentang aplikasi psikologi humanistik dalam dunia pendidikan, khususnya di Indonesia.

Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.19105/jpi.v1i1.191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor Office:
State Islamic Institute of Madura
Jl. Raya Panglegur km. 04 Pamekasan East Java. Phone. (0324)333187 fax 322551

Contact Person:
Jamiludin Usman
Call/SMS/WA: 085336521427

E-mail :
tadris@iainmadura.ac.id

Map : -7.197888, 113.473839


View My Stats


Creative Commons License
TADRIS under licensed Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Flag Counter

Indexed By:


 

Read More Indexing


Copyright© of Tadris Jurnal Pendidikan Islam (Print ISSN 1907-672X; Online ISSN 2442-5494 DOI: http://doi.org/10.19105/tjpi).