Islam Profetik : Misi Profetis Pesantren Sebagai Sumber Daya Ummat

Babun Suharto

Abstract


This study is a study of the literature that raises the concept of Prophetic Islam: Pesantren's Prophetic Mission as a Community Resource, in this paper there are three first important questions, What is the concept of prophetic Islam? and What is the concept of boarding school? and the third Prophetic in the Ummah edification? By using the content analysis concept to identify the three questions, the results of this study are the concept of prophetic mission as a community resource, and the prophetic concept in the development of the Islamic ummah.

Penelitian ini adalah kajian kepustakaan yang mengangkat konsep Islam Profetik: Misi Profetik pesantren Sebagai Sumber Daya Umat, dalam paper ini ada tiga pertanyaan penting pertama, Bagaimana konsep Islam profetik ? dan Bagaimana Konsep pesantren ? dan ketiga Profetik dalam pembedayaan Ummat ?, dengan menggunakan konsep konten analisis untuk membeddah tiga pertanyaan tersebut, hasil dari penelitian ini adalah konsep misi profetik sebagai sumber daya umat, dan konsep profetik dalam pengembangan ummat islam.

Kata kunci : Profetik, Pesantren, Ummat


References


A. Qodri Azizy, Kata Pengantar, dalam Abdul Rachman Shaleh, Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa (Visi, Misi dan Aksi), Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004

Abd A’la, “Pengembangan Pendidikan Pesantren (Telaah Teologis terhadap Kurikulum dan Metode),” KOMPAS, 11 September, 2000

Abd. A’la, Pembaruan Pesantren, Yogyakarta: LKiS, 2006

Abd. Halim Soebahar, Wawasan Baru Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2002

Abd. Rachman Assegaf, “Membangun Format Pendidikan Islam di Era Globalisasi,” dalam Imam Mahalli dan Musthofa (ed), Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi, Yogyakarta: Ar-Ruz, 2004

Abdul Munir Mulkhan, Runtuhnya Mitos Politik santri, Yogyakarta: Rinneka SIPRESS, 1992

Abdullah Idi dan Toto Suharto, Revitalisasi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2006

Abdurrahman Mas’ud, Menuju Paradigma Islam Humanis, Yogyakarta: Gama Media, 2003

Abdurrahman Mas’ud, Sejarah dan Budaya Pesantren, dalam Ismail SM, et.al., Dinamika Pesantren dan Madrasah, Yogyakarta: IAIN Walisongo Semarang dan Pustaka Pelajar, 2002

Abdurrahman Wahid, “Principles of Pesantren Education, dalam Manfred Oepen and Wolfgang Karcher (eds.), The Impact of Pesantren, Jakarta: P3M, 1988

Abdurrahman Wahid, Menggerakkan Tradisi, Yogyakarta: LKiS, 2010

Abdurrahman Wahid, Tahan Berpolitikkah Pondok Pesantren. Dokumen www. Tersedia: http://www.gusdur.net/indonesia/index.php?option [Diakses 13 November 2007]

Adnan Mahmud, Sahjad M. Askan dan M. Adib Abdushomad (ed.), Pemikiran Islam Kontemporer di Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005

Ahmad Darmadji, “Pendidikan Islam dan Pembangunan Sumber Daya Manusia,” dalam Musleh Usa dan Aden Wijaya (ed.), Pendidikan Islam dalam Peradaban Industrial, Yogyakarta: Aditya Media, 1997

Ayu Sutarto, Menjadi NU Menjadi Indonesia Pemikiran K.H. Abdul Muchith Muzadi, Surabaya: Khalista, 2008

Azyumardi Azra, Esei-Esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 1999

Azyumardi Azra, Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium, Ciputat: Kalimah, 2001

Bachtiar Effendi, Islam dan Negara Transformasi Pemikiran dan Praktik Politik Islam di Indonesia. Jakarta: Paramadina, 1998

Baharuddin Darus, “Pengembangan Kajian Ekonomi Islami pada IAIN di Abad ke-21” dalam Syahrin Harahap (ed), Perguruan Tinggi Islam di Era Globalisasi, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1998

Beauchamp, George A., Curriculum Theory, 2nd edition, The KAGG Press, Illions, 1968

Bruinessen, Martin Van, Kitab Kuning: Pesantren dan Tarekat, Bandung, Mizan, 1999

Bruinessen, Van Martin. NU Tradisi Relasi-Relasi Kuasa; Pencarian Wacana Baru, Yogyakarta: LKiS, 1994.

Cliffort Geertz, Abangan, Santri dan Priyayi dalam Masyarakat Jawa, Jakarta: Pustaka Jaya, 1983

Dale, Ernest, dan L.C. Michelon, Metode-Metode Managemen Modern, terj. John N. Rosyandi, Jakarta: Andalas Putra, 1986

Darmaningtyas, Pendidikan Rusak-Rusakan, Yogyakarta, LKiS, 2005

Depag RI, Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah: Pertumbuhan dan Perkembangannya, Jakarta, 2003

Djohar, Pendidikan Strategik: Alternatif untuk Pendidikan Masa Depan, Yogyakarta: LESFI, 2003

Djuwariyah, “Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan Islam,” Yogyakarta: Jurnal El-Tarbawi No. 1 Vol. I, 2008

E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekola; Konsep, Strategi, dan Impelemntasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002

Faisal Ismail, Ideologi Hegemoni dan Otoritas Agama Wacana Ketegangan Kreatif Islam dan Pancasila, Yogyakarta : Tiara Wacana, 1999

Fealy, John Gregory, Ulama and Politic in Indonesia A History of Nahdlatul Ulama, A Desertation Submitted for the Degree of Doctor Philosophy Departemen of History. Monash University, 1998

Fink, Hans, Filsafat Sosial dari Feodalisme hingga Pasar Bebas, terj. Sigit Djatmiko, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003

Francis Wahono, Teologi Pembebesan, Sejarah, Metode, Praksis dan Isinya, Yogyakarta: LKiS, 2000

Freire, Paulo, Pendidikan Masyarakat Kota, terj. Agung Prihantoro, Yogyakarta: LKiS, 2003

H.A.R Tilaar, Manajemen Pendidikan Nasional Kajian Pendidikan Masa Depan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2003

H.A.R. Tilaar, Membenahi Pendidikan Nasional, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002

H.A.R. Tilaar,. Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002

Hamim, Thoha “Islam dan Civil Society (Masyarakat Madani) Tinjauan tentang Prinsip Human Right, Pluralism, dan Religious Tolerance,” dalam Ismail SM dan Abdul Mukti (ed.), Pendidikan Islam, Demokratisasi dan Masyarakat Madani, Yogyakarta: Pustaka Pelajar dan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, 2000

Hendro Prasetyo, et.al. Islam dan Civil Society Pandangan Muslim Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama dan PPIM-IAIN Jakarta, 2002

Hiroko Horikoshi, Kiai dan Perubahan Sosial, Jakarta, P3M, 1987

Imam Suprayogo, Quo Vadis Madrasah Gagasan, Aksi & Solusi Pembangunan Madrasah, Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2007

Imam Suprayogo, Reformulasi Visi Pendidikan Islam, Malang: STAIN Press, 1999

Iwa Sukiswa, Dasar-Dasar Umum Manajemen Pendidikan, Bandung: Tarsito, 1986

Kacung Marijan, Quo Vadis NU, Surabaya: Erlangga, 1992

Kuntowidjojo, Paradigma Islam, Bandung: Mizan, 1991,

Langgulung, Hasan, Peralihan Paradigma dalam Pendidikan Islam dan Sains Sosial, Jakarta: Gaya Media Pratama, 2002

M. Amin Abdullah, “Perspektif Link and Match Lembaga Pendidikan Tinggi Tenaga Kependidikan Agama Islam: Rekonstruksi atas Tinjauan Metodologi Pembudyaan Nilai-nilai Keagamaan,” dalam Musleh Usa dan Aden Wijaya (ed.), Pendidikan Islam dalam Peradaban Industrial, Yogyakarta: Aditya Media, 1997

Mahmud Yunus, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Hidakarya Agung, 1993

Mansour Fakih, Jalan Lain Menuju Intelektual Organik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar dan Insist Press, 2002

Marwan Saridjo, et.al., Sejarah Pondok Pesantren di Indonesia, Jakarta: Dharma Bakti, 1979

Masdar F. Mas’udi, Program-program Masdar F. Mas’udi. Dokumen www. Tersedia: http://www.masdarmasudi.com/program. [Diakses 13 November 2007]

Mastuhu, Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta, INIS, 1994

Moh. Agus Tulus, Manajemen Sumber Daya Manusia Buku Panduan Mahasiswa, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1992

Mudjia Rahardjo (ed.), Quo Vadis Pendidikan Islam Pembacaan Realitas Pendidikan Isalam, Sosial dan Keagamaan, Malang: UIN Malang Press, 2006

Muhammad AS Hikam, Demokrasi dan Civil Society, Jakarta: LP3ES, 1996

Muhidin M. Dahlan, “Sosialisme Religius”: Mendayung di antara Sosialisme dan Kapitalisme,” dalam Sosialisme Religius Suatu Jalan Keempat?, Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2001

Muhtarom, Reproduksi Ulama di Era Globalisasi: Resistensi Tradisional Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005

Nanang Fattah, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2000

Nurcholish Madjid, “Islam dan Politik Suatu Tinjauan atas Prinsip-prinsip Hukum dan Keadilan”, Jurnal Pemikiran Islam PARAMADINA, Vol. I, 1, Juli-Desember, Jakarta: Paramadina, 1998

Nurcholish Madjid, Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan, Jakarta: Paramadina, 1997

Nurcholish Madjid, Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan, Jakarta, Paramadina, 1997

Nurcholish Madjid, Cita-cita Politik Islam Era Reformasi, Jakarta: Paramadina, 1999

Nurcholish Madjid, Islam Kemoderenan dan Keindonesiaan, Jakarta: Paramadina, 1996

Olive, Peter F., Developing the Curriculum, Canada: Little Brown and Company, 1982

Peter F. Olive, Developing the Curriculum, Canada: Little Brown and Company, 1982

Philip Suprastomo Iskandar, Peran Serta Masyrakat di Sekolah Dasar, Bandung: Mimbar Pendidikan, 1988

Pip. “Kitab Kuning Trade Mark Pesantren,” Dokumen www. Tersedia di www.pondokpesantren.net, [Diakses 1 September 2010]

Pip. “Kontekstualisasi Kitab Kuning di Era Global,” Dokumen www. Tersedia di www.pondokpesantren.net, [Diakses 1 September 2010]

Pip. “Santri Tidak Hanya Menguasai Kitab Kuning Saja,” Dokumen www. Tersedia di www.pondokpesantren.net, [Diakses 1 September 2010]

Prima Roza, “Pendidikan dan Mutu Manusia” dalam Jurnal Sosioteknologi Edisi 12 Tahun 6 Desember 2007

Robert, Douglas A., Curriculum Development and The Unique Events, dalam Hugh Munby et.al., Seeing Curriculum in a New Light: Essays form Science education, New York: University Press of America, 1980

S. Nasution, Pengembangan Kurikulum, Bandung: Citra Aditya Bakti, 2002

Said Agil Husein Al-Munawar, Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’ani dalam Sistem Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2005

Said Aqil Siradj, Relasi Agama dan Negara,” Republika, 11 Januari, 2007

Schubert, William A., Curriculum (Perspective, Paradigm, and Possibility), New York: Macmillan Publishing Company,1986

Shinta Nuriyah, Islam Memihak Perempuan. Dokumen www. Tersedia: http://islamlib.com/id/index.php?page=article&id=221. [Diakses 13 November 2007]

Smith, Mark K., Curriculum Theory and Practice, Dokumen www. Tersedia di http://www.infed.org/ biblio/b-curric.htm

Soebagio Atmodiwirio, Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta, PT. Ardadizya Jaya, 2000

Soedjoko Prasodjo, Profil Pesantren, Jakarta: LP3ES, 1982

Steenbrink, Karel A., Pesantren, Madrasah, Sekolah: Pendidikan Islam dan Kurun Modern, Jakarta: LP3ES, 1983

Subandijah, Pengembangan dan Inovasi Kurikulum, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996

Sufyarma, Kapita Selekta Manajemen Pendidikan, Bandung: CV. Alfabeta, 2003

Sukmadinata Nana Syaodih, Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktek, Bandun: Remaja Rosda Karya, 2002

Suprayago. Imam, Kiai dan Politik di Pedesaan (suatu kajian tentang Variasi dan bentuk Keterlibatan Politik Kiai). Desertasi Doktor di Universitas Airlangga. 1997.

Syamsul Ma’arif, Revitalisasi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2007

Tim Lapera, Di Mana Berkah Globalisasi? (Implikasi Globalisasi terhadap Kehidupan Rakyat), Yogyakarta: Lapera Pustaka Utama, 1998

Wahjoetomo, Perguruan Tinggi Pesantren: Pendidikan Alternatif Masa Depan, Jakarta: Gema Insani Press, 1997

Wiles, Jon, and Bondi, Joseph, Curriculum Development, a Guide to Practice, New York: Macmillan Publishing Company, 1993

William A.Schubert, Curriculum (Perspective, Paradigm, and Possibility), New York: Macmillan Publishing Company, 1986

Zamachsyari Dhofier, Tradisi Pesantren, Jakarta: LP3ES, 1994

Ziemek, Manfred, Pesantren dalam Perubahan Sosial, terj. Butche B. Soendjono, Jakarta: LP3ES, 1985




DOI: http://dx.doi.org/10.19105/tjpi.v14i1.2379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editor Office:
State Islamic Institute of Madura
Jl. Raya Panglegur km. 04 Pamekasan East Java. Phone. (0324)333187 fax 322551

Contact Person:
Jamiludin Usman
Call/SMS/WA: 085336521427

E-mail :
tadris@iainmadura.ac.id

Map : -7.197888, 113.473839


View My Stats


Creative Commons License
TADRIS under licensed Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Flag Counter

Indexed By:


 

Read More Indexing


Copyright© of Tadris Jurnal Pendidikan Islam (Print ISSN 1907-672X; Online ISSN 2442-5494 DOI: http://doi.org/10.19105/tjpi).