KONSTRUKSI PENDIDIKAN KIRI ISLAM (Membumikan Pemikiran Hassan Hanafi)

Achmad Reyadi

Abstract


Tulisan ini berusaha menganalisis pemikiran Kiri Islam
Hassan Hanafi dan implikasinya terhadap pendidikan Islam. Dalam
pandangannya, pendidikan adalah dialektika tradisi-fenomenologissosialistik;
kebudayaan-peradaban-kebudayaan, yang melibatkan sifat
konservatif-progresif-perenialistik-esensialistik dalam lingkaran
dialektika dekonstruksi-rekonstruksi-pencerahan, yang menghasilkan
manusia unggul yang tahu, mau, dan mampu bebas, merdeka, mendobrak,
mengkonstruk, dan mencerahkan. Pendidikan dalam
dialektika tersebut melibatkan metode edukatif, emansipatoris, dan
inventif dengan pola nomotetik, ideografik, dan transaksional.



DOI: http://dx.doi.org/10.19105/jpi.v8i1.384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor Office:
State Islamic Institute of Madura
Jl. Raya Panglegur km. 04 Pamekasan East Java. Phone. (0324)333187 fax 322551

Contact Person:
Jamiludin Usman
Call/SMS/WA: 085336521427

E-mail :
tadris@iainmadura.ac.id

Map : -7.197888, 113.473839


View My Stats


Creative Commons License
TADRIS under licensed Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Flag Counter

Indexed By:


 

Read More Indexing


Copyright© of Tadris Jurnal Pendidikan Islam (Print ISSN 1907-672X; Online ISSN 2442-5494 DOI: http://doi.org/10.19105/tjpi).