PROBLEMATIKA PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ISLAM (Pendekatan Manajemen Berbasis Sekolah)

Amir Maliki Abitolkha

Abstract


Masyarakat muslim memiliki ekspektasi yang sangat besar terhadap keberhasilan dan kemajuan pendidikan Islam. Namun ekspektasi itu belum terealisasi hingga sekarang. Hingga kini masyarakat menangkap citra lembaga pendidikan Islam sebagai lembaga pendidikan “kelas dua”. Untuk itu, masyarakat muslim harus merespon dengan melakukan pembenahan dan perbaikan strategi manajerialnya. Dengan pendekatan MBS, lembaga pendidikan Islam dapat melakukan proses pengambilan keputusan yang berada pada sistem pengelolaan, kepemimpinan, peningkatan mutu dan effective schools. Melalui pendekatan ini, ada tiga kunci kemajuan pendidikan Islam, yaitu epistemologi pendidikan Islam, manajemen pendidikan Islam, dan kesadaran pendidikan.



DOI: http://dx.doi.org/10.19105/jpi.v9i1.403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor Office:
State Islamic Institute of Madura
Jl. Raya Panglegur km. 04 Pamekasan East Java. Phone. (0324)333187 fax 322551

Contact Person:
Jamiludin Usman
Call/SMS/WA: 085336521427

E-mail :
tadris@iainmadura.ac.id

Map : -7.197888, 113.473839


View My Stats


Creative Commons License
TADRIS under licensed Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Flag Counter

Indexed By:


 

Read More Indexing


Copyright© of Tadris Jurnal Pendidikan Islam (Print ISSN 1907-672X; Online ISSN 2442-5494 DOI: http://doi.org/10.19105/tjpi).