REKONSTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF MUHAMMAD ABDUH

Achmad Fuadi Husin

Abstract


Muhammad Abduh adalah tokoh reformis yang sangat
dikenal di kalangan mahasiswa dengan corak pemikirannya yang
modernis. Sebagai seorang pembaru dalam pendidikan Islam, ada
beberapa masalah yang menurutnya menyimpang dan
menjadi penyebab kemunduran umat Islam, di antaranya
masalah kurikulum dan metode mengajar. Pembaruan pemikiran
yang dilakukan Abduh bukanlah sebuah penolakan terhadap
pemikiran-pemikiran terdahulu. Namun, pembaruan yang
dilakukannya merupakan usaha merekonstruksi pemikiran yang
telah ada dengan menjauhkan diri dari sifat jumud dan stagnan.
Abduh mengombinasikan pemikiran modernisme dengan bentuk
teori dan penerapan praktik terhadap masyarakat.



DOI: http://dx.doi.org/10.19105/jpi.v9i2.407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor Office:
State Islamic Institute of Madura
Jl. Raya Panglegur km. 04 Pamekasan East Java. Phone. (0324)333187 fax 322551

Contact Person:
Jamiludin Usman
Call/SMS/WA: 085336521427

E-mail :
tadris@iainmadura.ac.id

Map : -7.197888, 113.473839


View My Stats


Creative Commons License
TADRIS under licensed Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Flag Counter

Indexed By:


 

Read More Indexing


Copyright© of Tadris Jurnal Pendidikan Islam (Print ISSN 1907-672X; Online ISSN 2442-5494 DOI: http://doi.org/10.19105/tjpi).