HARUN NASUTION DAN PEMBAHARUAN PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM

Muhammad Husnol Hidayat

Abstract


Problematika pendidikan Islam di era modern memberi
imbas kepada tatanan umat Islam. Mau tidak mau umat Islam
sendiri harus membuka mata terhadap gejala yang terjadi, baik
bersifat politik, sosial, budaya dan lain-lain. Realita kehidupan
muslim pada era modernisasi sangat memprihatinkan karena
atribut-atribut umat Islam telah terkontaminasi oleh dinamika
kehidupan, nilai-nilai luhur ajaran Islam semakin luntur dan kabur
karena lemahnya pemahaman dan lemahnya interpretasi terhadap
nilai-nilai ajaran Islam. Oleh karena itu, Harun Nasution tampil
sebagai sosok pembaharu pemikiran pendidikan Islam. Pemikiran
Harun Nasution yang berorientasi pada urgensi akal berupaya
membawa umat Islam kepada ajaran yang sesuai dengan al-Qur‟an
dan Hadits, dan membuka kembali pintu ijtihad.



DOI: http://dx.doi.org/10.19105/jpi.v10i1.636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor Office:
State Islamic Institute of Madura
Jl. Raya Panglegur km. 04 Pamekasan East Java. Phone. (0324)333187 fax 322551

Contact Person:
Jamiludin Usman
Call/SMS/WA: 085336521427

E-mail :
tadris@iainmadura.ac.id

Map : -7.197888, 113.473839


View My Stats


Creative Commons License
TADRIS under licensed Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Flag Counter

Indexed By:


 

Read More Indexing


Copyright© of Tadris Jurnal Pendidikan Islam (Print ISSN 1907-672X; Online ISSN 2442-5494 DOI: http://doi.org/10.19105/tjpi).