Ideologi Pendidikan Islam Pesantren Di Indonesia Perspektif Muhammad Jawwad Ridla dan William O’neal

Usman Usman, Jamiludin Usman

Abstract


Ideologi merupakan sesuatu yang hidup dalam masyarakat sosial Indonesia. Di dalam masyarakat terdapat Pendidikan Islam sebagai salah satu sarana penyebaran dan pemantapan ideologi yang sesuai dengan negara mempunyai peran strategis dalam kehidupan masyarakat. Pondok pesantren yang ada merupakan entitas pendidikan tertua di Indonesia, menarik untuk di lihat Bagaimanakah Pendidikan Islam di Pondok Pesantren yang ada di Indonesia dilihat dari perspektif ideologi pendidikan Muhammad Jawwad Ridla dan William F. O’neal. Pendidikan Islam di pondok pesantren mempunyai kesamaan dengan perspektif Agamis-Konservatif (al-Muhafidz) dan Ideologi Konservatisme pendidikan.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.19105/tjpi.v14i1.2398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editor Office:
State Islamic Institute of Madura
Jl. Raya Panglegur km. 04 Pamekasan East Java. Phone. (0324)333187 fax 322551

Contact Person:
Jamiludin Usman
Call/SMS/WA: 085336521427

E-mail :
tadris@iainmadura.ac.id

Map : -7.197888, 113.473839


View My Stats


Creative Commons License
TADRIS under licensed Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Flag Counter

Indexed By:


 

Read More Indexing


Copyright© of Tadris Jurnal Pendidikan Islam (Print ISSN 1907-672X; Online ISSN 2442-5494 DOI: http://doi.org/10.19105/tjpi).