Ideologi Pendidikan Islam Pesantren di Indonesia Perspektif Muhammad Jawwad Ridla dan William O’neal
Abstract
Ideologi merupakan sesuatu yang hidup dalam masyarakat sosial Indonesia. Di dalam masyarakat terdapat pendidikan Islam sebagai salah satu sarana penyebaran dan pemantapan ideologi yang sesuai dengan negara mempunyai peran strategis dalam kehidupan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk memahami pondok pesantren yang ada merupakan entitas pendidikan tertua di Indonesia, menarik untuk dilihat: Bagaimanakah pendidikan Islam di pondok pesantren yang ada di Indonesia dalam perspektif ideologi pendidikan Muhammad Jawwad Ridla dan William F. O’neal? Metode penelitian kualitatif dengan library research, mengambil data dari buku, artikel dan hasil penelitian. Adapun pendidikan Islam di pondok pesantren yang ada di Indonesia mempunyai kesamaan dengan perspektif agamis-konservatif (al-Muhafidz) sedangkan dalam perspektif William F. O’neal pendidikan pondok pesantren ideologi konservatisme pendidikan.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.19105/tjpi.v14i1.2398
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editor Office:
State Islamic Institute of Madura
Jl. Raya Panglegur km. 04 Pamekasan East Java. Phone. (0324)333187 fax 322551
Contact Person:
Jamiludin Usman
Call/SMS/WA: 085336521427
E-mail :
tadris@iainmadura.ac.id
Map : -7.197888, 113.473839
TADRIS under licensed Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Indexed By:
![]() | ![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
Copyright© of Tadris Jurnal Pendidikan Islam (Print ISSN 1907-672X; Online ISSN 2442-5494 DOI: http://doi.org/10.19105/tjpi).